Daerah

Berlangsung Alot,Polres Maros Mediasi Peserta Unras Dengan Pihak Pabrik Semen Di Maros

×

Berlangsung Alot,Polres Maros Mediasi Peserta Unras Dengan Pihak Pabrik Semen Di Maros

Sebarkan artikel ini

Sekilasindonesia.id.MAROS,SULSEL-Aksi unjukrasa yang dilakukan oleh Persatuan Pekerja Lokal Baruga Tukamasea ( PPLBT) dengan melakukan blokade jalan masuk pabrik yang berujung pada macetnya produksi selama 2 hari telah mencapai kesepakatan bersama dengan jalur mediasi yang diinisiasi oleh Polres Maros, Sabtu (26/11/2022).

Polres Maros yang dipimpin langsung Wakapolres Maros Kompol Ramadhani dan Kabag Ops Kompol Abriadi bersama jajarannya memantau terus perkembangan para pengunjukrasa.

Click Here

Bahkan sesuai instruksi Kapolres Maros AKBP Awal agar personil intelijen ikut bermalam bersama ditenda pengunjukrasa demi memastikan tidak terjadinya perselisihan antara warga dengan pihak perusahaan.

Dengan mengedepankan pendekatan persuasif dan humanis, sehingga tercapai mediasi dengan pihak perusahaan dengan pemerintah desa tukamasea,baruga dan warga.

Mediasi kedua belah pihak yang dilaksanakan di ruangan training HRD PT. Semen Bosowa Maros yang mempertemukan Persatuan Pekerja Lokal Baruga Tukamasea (PPLBT) dengan Pihak Manajemen PT. Semen Bosowa Maros.

Adapun yang hadir dalam mediasi ini yaitu Plan Manager PT. Semen Bosowa Maros Baso Gaus, Ketua PPLBT Zubair, Kades Tukamasea Makmur, SE, Kepala BPD Desa Baruga Muh. Amin dan Kepala BPD Tukamasea Syarifuddin.

Mediasi kedua belah pihak berhasil menemukan kesepakatan bersama yang ditandatangani dan disaksikan di depan perwakilan Polres Maros selaku inisiator mediasi, adapun hasil kesepakatan yaitu sebagai berikut :

a. Manajemen PT Semen Bosowa Maros atas arahan Founder Bosowa menyetujui dan memberikan tambahan kompensasi PHK sebesar 0.25P sehingga total kompensasi PHK yang diterima oleh 21 orang karyawan ring 1 adalah 1.75P dan akan dipekerjakan kembali ketika ada kebutuhan dari PT Semen Bosowa Maros serta mendapatkan surat rekomendasi dari Pemerintah Desa.

b. Pada prinsipnya kontrak tenaga outsourcing Ring 1 (Baruga dan Tukamasea) yang berakhir kontraknya pada Desember 2022 akan dibuatkan kontrak yang baru. Kontrak baru tersebut pembayarannya berdasarkan produksi atau harian,

c. Karyawan organik ring 1 yang sudah di assessment maupun yang belum di assessment tidak akan di PHK selama masih dibutuhkan oleh Perusahaan dan mematuhi peraturan perusahaan.

Ditempat yang berbeda Mursin Nur selaku Jendral Lapangan mengatakan surat kesepakatan bersama antara PPLBT dengan founder Bosowa yang telah ditanda tangani bersama merupakan hasil dari perjuangan kita bersama semoga dengan hadirnya kepolisian dalam tahap mediasi ini menjadi dasar penguat komitmen kita dengan perusahaan sehingga apa yang telah disepakati bisa dilaksanakan.

“Saya mewakili warga dan para pengunjukrasa mengucapkan terima kasih banyak kepada Polres Maros bersama jajarannya yang telah komitmen hadir ditengah kami dalam menjaga keamanan dan kenyamanan para demonstran sehingga tidak terjadi bentrokan, apalagi kepolisian berperan aktif sehingga lahir kesepakatan tanpa ada pihak yang dirugikan”, ujarnya.

Polres Maros yang melakukan pengamanan dengan pola persuasif terus melakukan negosiasi 3 arah yaitu kepada manajemer operasional, tokoh-tokoh masyarakat dan forkopimda Maros yang dipantau langsung oleh Kapolres Maros AKBP Awaludin Amin, S.Ik yang setiap saat melakukan komunikasi aktif dengan jajarannya yang ada dilokasi unjuk rasa.

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d