oleh

Hari Pertama Operasi Zebra,Polres Maros Tegur Puluhan Pengendara

Sekilasindonesia.id,MAROS,SULSEL-Jajaran Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Maros mulai menggelar Operasi Zebra tahun 2022 yang akan berlangsung selama dua pekan, mulai 3 Oktober 2022 hingga 16 Oktober 2022.

Khusus untuk operasi zebra tahun ini, Polres Maros lebih mengedepankan fungsi lalu lintas yang persuasif, edukatif dan humanis.hal tersebut dapat dilihat dari hasil operasi hari pertama dengan melakukan tilang teguran kepada pelanggar lalulintas.

Kapolres Maros melalui Kasat Lantas AKP Abdul Malik  menyebutkan, “hari pertama Operasi Zebra jajaran Polres Maros dalam hal ini Satuan Lalulintas melakukan penindakan berupa teguran kepada pengendara yang melanggar lalulintas”ujarnya.

“Sebanyak 10 pengendara diberikan tilang berupa teguran diantaranya tidak menggunakan Helm SNI 3 kasus,melawan arus 2 Kasus,pengendara dibawah umur 2 Kasus,tidak menggunakan safety belt 3 kasus”imbuhnya.

kegiatan tersebut diharapkan meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Tujuan operasi zebra Polres Maros tahun 2022 ini adalah untuk menurunkan angka kemacetan, menurunkan angka kecelakaan dan menurunkan angka fatalitas korban kecelakaan,” kata wahidin Senin, (3/9/2022).

Kasat Lantas saat dikonfirmasi mengatakan,Hari pertama opersi zebra, kata dia, pihaknya tidak melakukan tindak penilangan. Namun, lebih mengedepankan tindakan edukatif.

Lantaran, pendekatannya adalah humanis dan persuasif, maka kami melaksanakan kegiatan penegakan hukum secara lisan terlebih dahulu.

Hal itu dilakukan, agar seluruh masyarakat untuk tetap mentaati peraturan lalu lintas.

Malik berharap, operasi zebra tahun ini, seluruh elemen masyarakat Kabupaten Maros bisa menciptakan situasi lalu lintas yang tertib.

“Masyarakat yang ada di Kabupaten Maros agar bersama-sama menciptakan kamseltibcar di jalan raya,” pungkasnya.