oleh

Tahun 2023 Pemda Mubar Fokus Pembangunan Infrastruktur, Agus: Tiga Gedung Dibangun dan Jalan Poros Menuju Pajala Akan Diaspal

MUNA BARAT, SEKILASINDONESIA.ID – Tak dapat dipungkiri, pandemi virus Corona yang melanda Indonesia dan hampir seluruh negara dunia telah mengganggu proses pembangunan yang tengah gencar dilakukan pemerintah dalam rangka mendongkrak perekonomian baik nasional.

Pemerintah Daerah Kabupaten Muna Barat (Mubar) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sangat menyadari betapa pentingnya keberadaan infrastruktur seperti jalan dan jembatan dan lain-lain yang bisa memotong biaya distribusi pangan dan industri. Namun juga harus dipahami bahwa dalam kondisi saat ini, pembangunan infrastruktur ini tak bisa diabaikan.

“Jadi sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo, kita terus menggenjot pembangunan infrastruktur, dan sektor kesehatan juga menjadi perhatian kita semua. Artinya, pembangun ekonomi dan kesehatan harus dilakukan secara bersamaan,” kata Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi Ditjen Binia Konstruksi Kementerian PUPR Nicodemus Daud belum lama ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Kadis (PUPR) Mubar, Agus Salam Rua mengatakan bahwa mendukung pelaksanaan program kerja Pj Bupati Mubar, Bahri, pihakny terus berupaya sebisa mungkin menjaga keberlanjutan proyek infrastruktur di tengah penanganan dan pencegahan Pandemi COVID-19.

“Salah satu infrastruktur yang berperan penting untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional adalah jalan dan jembatan dan lainnya yang membantu kelancaran distribusi logistik dan konektivitas masyarakat Mubar. Pembangunan infrastruktur seperti jalan dan jembatan dan yang lainnya adalah upaya peningkatan konektivitas, memperkuat daya saing infrastruktur, dan mempercepat pembangunan transportasi yang mendorong penguatan industri masyarakat dan daerah. Seperti apa yang telah diprogramkan Pj Bupati Mubar, Bahri memfokuskan pembangunan infrastruktur,” ujar Agus Salam saat ditemui diruangannya, Selasa (27/09/2022).

Foto: Jalan Poros Desa Wapae-Mekarjaya-Pajala. Foto/Sacriel
Foto: Jalan Poros dari Desa Wapae, Mekarajaya menuju Pajala. Foto/Sacriel

Lebih lanjut kata Agus, dalam setiap pembangunan infrastruktur mulai dari tahap survei, investigasi, desain, pembebasan tanah, konstruksi, hingga operasi dan pemeliharaan harus senantiasa memperhatikan dan memenuhi aspek-aspek sosial, diterima oleh masyarakat (socially acceptable), secara ekonomi menguntungkan (economically viable), dan ramah lingkungan (environmentally sound).

“Tahun depan PUPR memprogramkan paket pembangunan infrastruktur dari DAU dan DAK. Jadi kita sudah prgramkan, Insya Allah, tahun depan itu tentu paket pembangunan infrastruktur konstruksi menjadi fokus utama dari dana DAK dan DAU. Tahun depan jalan menuju pelabuhan Pajala akan diaspal, itu dikerja dari tugu rambutan sampai Pajala. Karena jalur tersebut adalah salah satu akses laju perekonomian warga Mubar. Titik wilayah dari tugu rambutan sampai Pajala menjadi jalur industri dan perekonomian sehingga, Pj Bupati Mubar, Bahri memprogramkan peningkatan pembangunan jalan poros Sp2-Sp1-Sp4-Pajala sehingga dapat meningkatkan laju perekonomian dan pariwisata Mubar,” ungkapnya.

Foto: Gambar Mesjid Agung Mubar. Foto/Istimewa

Agus Salam Rua menyebutkan jika Pj Bupati Mubar, Bahri mengingkan pembangunan yang merata di tiga wilayah besar di Mubar, melalui kebijakan dan program strategis sebagai upaya meninggkatkan kebutuhan dasar masyarakat. Untuk itu, tahun 2023 selain pembangunan infrastruktur jalan nanti akan memfokuskan tiga pembangunan gedung yakni Mesjid Agung, Kantor Bupati dan Kantor DPRD Mubar akan segera dibangun.

Foto: Gambar Kantor Bupati. Foto/Istimewa

“Tahun depan Insya Allah sesuai program kerja Pj. Bupati Mubar, Bahri, Mesjid Agung, Kantor Bupati dan DPRD akan dibangun. Tiga pembangunan gedung adalah salah satu fokus utama Pj Bupati Mubar sebagai bagian pembenahan infrastruktur pelayanan publik, sarana dan prasarana Pemda Mubar,” jelasnya.

Foto: Gambar Kantor DPRD. Foto/Istimewa

Untuk itu dirinya berharap dan mengimbau kepada masyarakat Mubar agar mendukung pemerintah guna membangun Mubar untuk semua maju, mandiri, sejahtera dan berdaya saing.

Penulis: LM Sacriel