oleh

Keutamaan Zikir Rotib Al Attas

Sekilasindonesia.id – Ratib Al Attas adalah bacaan doa dan wirid karya Al Imam Al Qutub Al Habib Umar bin Abdurrahman Al Attas. Ratib ini berisi doa-doa mustajab yang berasal dari Alquran dan hadist nabi Muhammad SAW. Bacaan dzikir ini cukup dikenal dan banyak diamalkan oleh masyarakat luas.

Dikutip dari buku Amalan Sehari-hari oleh Pesantren Al Khairaat, Al Habib Umar bin Abdurrahman Al Attas merupakan kiai asal Yaman yang lahir di Hadramaut pada tahun 992 H.

Al Habib Umar bin Abdurrahman Al Attas terkenal sebagai pribadi yang khumul (tertutup) dan tidak terlalu menonjolkan diri. Salah satu karyanya yang terkenal dan diwarisi hingga kini adalah Ratib Al-Attas.

Ratib Al Attas adalah salah satu amalan Thariqah Awaliyyah yang menjadi bagian dari rutinitas pengikut habib saat ini. Ratib ini merupakan amalan induk marga Al Attas yang diamalkan secara turun temurun, serta disebarluaskan oleh para habib saat berkunjung ke berbagai tempat dakwah.

Ada banyak keutamaan yang bisa didapat seorang Muslim yang membaca dzikir Ratib Al Attas. Untuk mengetahuinya, simak penjelasan berikut.

1.Keutamaan Ratib Al Attas
Keutamaan ini disebutkan dalam kitab Al Qirthas Syarah Rattib Al Attas, antara lain:

1. Diberikan Kelapangan dan Keberkahan oleh Allah SWT.
Salah satu manfaat Ratib Al Attas yang disebutkan secara eksplisit dalam kitab Al Qirthas Syarah Rattib Al Attas adalah bahwa bacan ini dapat membawa keberkahan dan kelapangan bagi setiap umat yang mengamalkannya.

“Sayyid al-Imam ‘Isa bin Muhammad al-Habsyi berkata: ‘Diriwayatkan dari Tuanku ‘Umar penyusun Ratib al-Attas perkataan yang cukup banyak tentang keutamaan Ratib ini. Pernah suatu ketika datang kepada Sayyid ‘Umar orang-orang yang berkeluh kesah tentang sengsara dan sulitnya mencari biaya hidup, lalu beliau memerintahkan pada mereka untuk membaca ratib ini dan membaca bacaan tauhid (Lâ ilâha illa Allâh) setelahnya. Mereka pun melakukan perintah itu, tak lama kemudian Allah memberikan kelapangan pada mereka lantaran keberkahan Ratib al-Attas.”

2. Menjaga Suatu Perkampungan dari Petaka
Tidak hanya memiliki fadhilah bagi pribadi, Ratib Al Attas disebut-sebut dapat membawa keberuntungan bagi suatu perkampungan atau daerah. Ratib ini bisa menjaga penghuninya dari segala malapetaka yang menghampiri mereka.

“Telah sampai padaku riwayat dari Syekh ‘Ali bin ‘Abdillah Bara’as bahwa Roti ini ketika dibaca di perkampungan atau di sebuah daerah maka penghuni perkampungan atau daerah tersebut akan aman dari petaka dan Ratib ini menjaga mereka serta melindungi mereka dari petaka, layaknya dijaga 70 penunggang kuda, hal ini sudah tidak diragukan lagi” (Sayyid ‘Ali bin Hasan bin ‘Abdillah al-Attas, Al-Qirthas Syarah Ratib al-Attas, hal. 9).

3. Diampuni Dosa-dosanya
Sayyid’Isa berkata: “Telah mengkhabarkan kepadaku orang yang terpercaya, ia meriwayatkan dari Syekh ‘Ali bin ‘Abdullah Bara’as, murid dari Sayyid ‘Umar bahwa ia melihat tulisan yang didalamnya tercatat ‘Barang siapa yang tekun mengamalkan ratib ini, maka dosa-dosanya diharapkan dapat diampuni’,” (Sayyid ‘Ali bin Hasan bin ‘Abdillah al-Attas, Al-Qirthas Syarah Ratib al-Attas, hal. 8).

Cara Mengamalkan Ratib Al Attas

Dikutip dari buku Amalan Sehari-hari oleh Pesantren Al Khairaat, cara mengamalkan Ratib Al Attas dapat dilakukan dengan membacanya secara samar atau pelan-pelan tatkala seseorang membaca dzikir ini sendirian. Sedangkan saat membaca secara berjamaah, maka dibaca dengan suara sedang, tidak terlalu pelan tapi juga tidak terlalu keras.

Para ulama berkata, Sayyid Umar senang membaca ratib ini dengan suara yang pelan. Beliau tidak menyukai membaca dengan lantang dan keras. Selain itu, membaca samar lebih dekat untuk mencapai keikhlasan.
Adapun Bacaan Ratib Al Attas silahkan klik link ini : https://youtu.be/FayWnaVGLn4