oleh

SMPN 2 Payung Tingkatkan Mutu Sekolah Melalui ANBK Tahun 2022

Sekilasindonesia.id ||BANGKA SELATAN – Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan salah satu program pemerintah di bidang pendidikan dalam rangka meningkat mutu pendidikan nasional.

Secara umum pelaksanaan ANBK sendiri adalah dalam rangka meningkatkan kemampuan Literasi dan Numerasi peserta didik yang menjadi sampel kegiatan.

ANBK juga dapat digunakan sebagai bahan penilaian dan evaluasi sekaligus menganalisa mutu pendidikan yang ada di Indonesia baik jenjang SD, SMP, SMA maupun jenjang kesetaraan dan bukan sebagai bahan yang menentukan kelulusan peserta didik.

Untuk Kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2022 di Bangka Selatan diikuti sebanyak 37 sekolah jenjang SMP yang terdiri dari 30 (Tiga Puluh) SMP Negeri dan 7 (tujuh) SMP Swasta menggunakan sistem online dan ada juga semi online tergantung pada pengaturan web ANBK masing-masing sekolah melalui proctor ANBK.

Kegiatan ANBK Dilaksanakan Sejak Tanggal 19 – 20 September 2022 (Untuk Gelombang I) Hingga tanggal 21 – 22 September 2022 (Untuk Gelombang II).

Dalam mensukseskan kegiatan ANBK Tahun 2022 SMP Negeri 2 Payung memiliki target untuk peningkatan raport mutu pendidikan tahun 2022 dimana pada tahun 2021 dinilai masih ada beberapa indicator yang perlu evaluasi dan perbaikan.

Ulia Selaku Prokotor ANBK SMPN 2 Payung mengatakan, ANBK di SMP Negeri 2 Payung dilaksanakan secara semi online dan terdata untuk mengikuti pada gelombang kedua.

“Alhamdulillah sejauh ini kegiatan ANBK di SMP negeri 2 Payung berjalan lancar dan aman, Karena Sebelum kegiatan dilaksanakan kami sudah di beri pelatihan dari Dinas Pendidikan dan kebudayaan Bangka Selatan guna kelancaran pelaksanaan dilapangan” Ungkap Ulia selaku prokotor ANBK SMP Negeri 2 Payung.

Sementara Amirullah, SE., Kepala Sekolah SMPN2 Payung menjelaskan, “Tahapan demi tahapan dilalui oleh panitia ANBK SMP Negeri 2 Payung dengan penuh tanggung jawab. Mulai dari kegiatan Simulasi, Gladi Bersih dan Hingga Pelaksnaan ANBK,” Jelas Amirullah.

Menurut Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Payung Bapak Amirullah, untuk SMP Negeri 2 Payung ANBK tahun 2022 adalah tahun kedua program ANBK yang dimulai sejak tahun 2021.

“Sampel kegiatan ANBK adalah siswa yang duduk di kelas VIII dan diambil secara acak sebanyak 45 peserta didik yang terbagi kedalam 3 sesi. Materi ANBK untuk tahun ini tidak berbeda pada tahun sebselumnya yakni Materi Literasi dan Survey Karakter (hari Pertama) dan Materi Numerasi dan Survey Lingkungan Belajar (Untuk Hari Kedua)” ungkap kepala sekolah SMPN2 Payung Amirullah.

Selain Peserta didik Kata Amirullah, semua guru yang terdata pada dapodik SMP Negeri 2 Payung juga mengikuti rangkaian kegiatan ANBK yang berupa pengisian Survey Lingkungan Belajar (Sulingjar) berdasarkan kondisi real di sekolah.

“Namun dalam pelaksanaan sulingjar tahun ini di SMP Negeri 2 Payung ada beberapa kendala yakni progress kegiatan ada beberapa guru yang belum mencapai 100% dikarenakan kendala teknis,” Kata Amirullah.

Selain itu juga para peserta berharap dengan adanya kegiatan ANBK ini dapat meningkatkan Mutu Sekolah.

“Kami berharap kegiatan ANBK ini dapat meningkatkan mutu sekolah kami. Kami sangat senang dengan adanya kegiatan ini sehingga bisa mengukur kemampuan numerasi dan literasi kami,” Ujar salah seorang peserta ANBK.

(Riki.s/Tim Jurnalis SMPN2 Payung)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.