Daerah

Pemkab Basel Melalui Diskominfo Basel Gelar Bimtek Masterplan Kota Cerdas 2022 Selama 2 Hari

×

Pemkab Basel Melalui Diskominfo Basel Gelar Bimtek Masterplan Kota Cerdas 2022 Selama 2 Hari

Sebarkan artikel ini

Sekilasindonesia.id ||BANGKA SELATAN – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Basel Gelar Bimtek Penyusunan Masterplan Kota Cerdas (Smart City) Quick Win Program Unggulan Gerakan Menuju Kota Cerdas 2022 Tahap IV serta Penandatanganan Komitmen Bersama Menuju Bangka Selatan Smart City.

Kegiatan tersebut diselenggarakan selama dua hari yaitu hari pertama pada Senin (19/9/22) di Ruang Rapat Gunung Namak Sekretariat Daerah dan hari kedua Selasa (20/9/22) di Gedung Serbaguna Bangka Selatan dengan dipandu dan dibimbing oleh Tim Pembimbing Penyusunan Master Plan Smart City Pusat, Dra. Mariam F. Barata, M.I.Kom, Dr. Techn Wikan Danar Sunidyo, Dr. Poni Sukaesih Kurniati, S.IP., M.Si, Dodi Septian, S.T., M.T.

Click Here

Pada tahap akhir, dihari kedua pelaksanaan bimtek ini dilanjutkan dengan Bupati Bangka Selatan H. Riza Herdavid, S.T., M.Tr.IP diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Selatan Edy Supriadi, M.Pd, bersama Forkopimda Kabupaten Bangka Selatan, Intansi Vertikal dan Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan melakukan Penandatanganan Komitmen Bersama Menuju Bangka Selatan Smart City.

Seizin Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Selatan Edy Supriadi saat ditemui tim redaksi mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang telah memberikan kesempatan kepada Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan sebagai salah satu Kabupaten/Kota terpilih dalam Penyusunan Masterplan Smart City dari program Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City).

“Seperti yang kita ketahui, Smart City atau kota pintar adalah suatu konsep pengembangan sebuah kota dengan menerapkan dan mengimplementasikan teknologi secara inovatif, efektif dan efisien dengan cara menghubungkan infrastruktur fisik, ekonomi dan sosial dalam sebuah kawasan sehingga meningkatkan pelayanan dan mewujudkan kualitas hidup yang lebih baik,” ujarnya.

“Kabupaten Bangka Selatan juga merupakan salah satu Kabupaten yang memiliki Sumber Daya Alam di bidang Pertanian, Pertambangan dan Pariwisata,” Sambung edy.

Edy berharap dengan selesainya Bimtek dan adanya Masterplan Smart City, Kabupaten Bangka Selatan memiliki roadmap yang terarah dalam pengembangan Smart City.

“Untuk itu saya berharap dengan telah selesainya Bimtek dan tersusunnya Masterplan Smart City Kabupaten Bangka Selatan ini, Kabupaten Bangka Selatan memiliki roadmap yang terarah dalam pengembangan Smart City baik dari segi teknis, penganggaran dan implementasinya,” imbuhnya.

Sementara, Tenaga Ahli Dr. Techn. Wikan Danar Sunindyo menyampaikan bahwa Bimtek Tahap IV Penyususnan Masterplan Smart City telah sampai pada tahap terakhir.

“dimana dengan penandatanganan Komitmen Bersama dari Pimpinan Daerah maupun dari Kepala-kepala OPD yang dimana harapannya adalah ini akan menjadi awal untuk pelaksanaan dari program Smart City di Bangka Selatan pada tahun-tahun berikutnya,”

“Jadi dengan panduan buku Masterplan Smart City yang sudah disusun di 4 (Empat) bimtek sebelumnya nanti akan menjadi arah dan petunjuk untuk pelaksanaannya dan target-target yang harus dilaksanakan, tujuan-tujuan dan visi misi itu semua tercantum di dalam Masterplan Smart City, jadi tinggal diikuti dan tentu saja di setiap tahapannya nanti kita akan melaksanakan monitoring maupun evaluasi,” pungkasnya.

Adapun Komitmen Bersama Menuju Bangka Selatan Smart City meliputi pertama Menciptakan Integrasi Sinkronisasi Perencanaan Menuju Bangka Selatan Smart City, lalu yang kedua Menyediakan Landasan Materi dan Implementasi Praktis Rencana Pengembangan Daerah Berdasarkan Konsep Smart City dan yang terakhir Mendukung Proses Pengembangan Menuju Bangka Selatan yang Efektif, Efisien, Inklusif dan Partisipatif.

Diskominfo Basel

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d