oleh

Hadir di Forum Warga Bawaslu Belitung, Andi Jelaskan Pentingnya Peran Masyarakat dalam Pengawasan Partisipatif

Sekilasindonesia.id, || Badau – Masyarakat mempunyai peran penting dalam mengawasi tahapan pemilu dan pemilihan Tahun 2024, pasalnya demokrasi merupakan hak dan kewajiban bersama sebagai Warga Negara Indonesia.

Hal itu dijelaskan oleh Anggota Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Andi Budi Yulianto saat menghadiri agenda forum warga oleh Bawaslu Kabupaten Belitung di Desa Air Batu Buding, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung, Senin (12/09/2022).

“Pada hakikatnya pemilu itu rakyat yang mengawasi, karena pengawasan pemilu itu sejatinya peran serta masyarakat dalam mengawal dan mengawasi proses pemilu agar tidak dibajak oleh pihak-pihak berkepentingan yang dapat merusak kualitas pemilu tersebut, baik kualitas proses maupun kualitas hasil,” ucap Andi saat menjadi pemateri dalam forum warga tersebut.

Ia menjelaskan meskipun pemilu hakekatnya berada di tangan rakyat, namun harus berkolaborasi dengan para pihak seperti penyelenggara pemilu.

Menurutnya selain masyarakat, Bawaslu juga mempunyai peran penting dalam mengawasi pemilu, namun harus dengan turut serta peran masyarakat yang aktif dalam mengawal dan mengawasi tahapan pemilu.

Anggota Bawaslu Babel ini berharap masyarakat dapat melaporkan ke Bawaslu jika menemukan dugaan pelanggaran yang dilakukan baik dari peserta pemilu maupun dari jajaran penyelenggara pemilu,

“Kami datang ke masyarakat untuk mengajak masyarakat turut berpartisipasi mengawal demokrasi, jadi masyarakat tidak hanya berpartisipasi datang ke TPS tapi juga berpartisipasi dalam mengawasi pemilu,” pungkasnya.

Penulis : Jazzkyanda