oleh

Ini Tujuan di Gelar Aksi Audit Stunting, Paris Yasir Harap Hadirkan Solusi Komitmen Bersama

Sekilasindonesia.id, || Jeneponto – Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Jeneponto H. Paris Yasir menggelar Audit Kasus Stunting (AKS).

Kegiatan Audit Kasus Stunting (AKS) itu digelar diruang kerja Wakil Bupati Jeneponto itu, Jumat (9/9/2022).

Turut dihadiri, Asisten I Pemerintahan, dinas Kesehatan, dinas BKKBN, Bappeda, Puskesmas, dan penyuluh kecamatan se-Kabupaten Jeneponto.

Diketahui, Kegiatan Audit kasus stunting (AKS) bertujuan untuk mengidentifikasi, dan menyeleksi kasus stunting dengan Memanfaatkan sumber data yang tersedia sebelum pelaksanaan kegiatan Desiminasi hasil kajian.

Melalui, kegiatan AKS, secara dialektis diharapkan banyak hal dapat tersampaikan dan melahirkan komitmen bersama dari OPD terkait dan kecamatan yang pada akhirnya akan menurunkan angka stunting di Kabupaten jeneponto.

Paris yasir menyampaikan kegiatan audit stunting ini menjadi langkah awal dalam upaya identifikasi risiko dan penyebab risiko pada kelompok sasaran.

“Tahapan dalam audit stunting meliputi pembentukan Tim Audit Kasus Stunting, pelaksanaan audit dan manajemen pendampingan khususnya berbasis sasaran kepada kelompok sasaran, diseminasi audit kasus stunting yang selanjutnya menghasilkan laporan audit stunting serta evaluasi Rencana Tindak Lanjut (RTL) audit kasus stunting,” ujarnya.

Lebih jauh kata Wabup Jeneponto itu, mengharapkan agar kegiatan AKS dapat menghadirkan solusi cerdas, sehingga upaya pencegahan dan penanggulangan Stunting dapat berjalan dengan baik.

“Harapan saya, dengan sumbangsih pemikiran yang dituangkan dalam kertas kerja Audit dan Rencana Tindak Lanjut yang telah disusun dari para pakar ini akan membawa dampak baik terhadap penurunan kasus stunting di Kabupaten Jeneponto. Sekaligus memberikan rekomendasi penanganan kasus dan perbaikan tata laksana kasus serta upaya pencegahan yang harus dilakukan,” tegasnya.

Ia pun berharap selanjutnya, adalah semua OPD yang terlibat dalam Penurunan Stunting agar duduk bersama dalam upaya membantu Pemerintah dalam penanganan Percepatan Penurun Stunting yang terintegrasi.

“Seluruh komponen Masyarakat berjalan beriringan dengan Pemerintah dengan Tujuan mempercepat perbaikan Gizi di Jeneponto dapat tercapai,” harapnya.

Penulis: Firmansyah