oleh

Dandim 0429/Lamtim Berikan Sambutan dalam Kegiatan Penyelenggaraan Bakti Kemandirian Masyarakat TA 2022

Sekilasindonesia.id ||LAMPUNG TIMUR – Dandim 0429/Lamtim Letkol Czi . Indra Puji Triwanto, SH memberikan sambutan pada kegiatan Penyelenggaraan Bakti Kemandirian Masyarakat TA 2022, di Desa Mataram Baru, Jum’at (9/9).

Kegiatan tersebut turut dihadiri Camat Mataram Baru Sriyati, SKM, Kabid Perizinan dari Dinas Koperasi dan UMKM diwakili Rohiman, Danramil 429-10/Labuhan Maringgai Kapten Inf Hariyadi Gustian beserta Anggota, Danramil 429-04/Sribhawono Kapten Inf Beni Yunizar beserta anggota, Pasiter Kodim 0429/Lamtim Lettu Kav Afrizal, Kapolsek Mataram Baru Iptu Rudy Aprianto, SPd, Kasi Trantib Kecamatan Mataram Baru Wagimin, SE, Kepala KUA Junaidi, Kades Mataram Baru Sudarmin, SH, Kades Kebon Damar Ilham B. Tripandoyo dan Ibu-ibu kader Kecamatan Mataram serta Bandar Sribhawono.

Dalam sambutanya Dandim mengatakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Kodim 0429/Lamtim adalah salah satu wujud kepedulian TNI AD untuk membantu menangani permasalahan sosial dan kemanusiaan. Baik atas permintaan maupun inisiatif sendiri yang bertujuan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Melalui peningkatan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan bagi masyarakat melalui sosialisasi dan pemberdayaan potensi wilayah. Kami berharap, masyarakat bisa menjadi lebih mandiri serta memiliki peluang untuk meningkatkan taraf hidup, sehingga mampu mewujudkan sasaran pembinaan teritorial, salah satunya pemberdayaan wilayah pertahanan darat,” ujar Dandim.

Lebih lanjut Dandim menuturkan, kegiatan ini dilakukan demi tercapainya tujuan kegiatan pendampingan terhadap masyarakat dan penguatan di bidang pendidikan, kesehatan, wirausaha, ekonomi dan budaya. Serta untuk meningkatkan kehidupan sosial masyarakat guna tercapainya keluarga yang sejahtera.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat lebih kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan semua sumber daya yang ada agar bisa berkembang serta dapat membantu proses kemajuan UMKM”.

“Selanjutnya saya berpesan kepada pemateri berikan materi sesuai dengan referensi dan juknis dan kepada peserta ikuti pahami dan tanyakan apabila belum jelas”, pungkas Letkol Czi. Indra Puji Triwanto, SH.

Sementara Camat Mataram Baru Sriyati ,SKM menyampaikan,di Kecamatan Mataram Baru banyak kegiatan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Mudah mudahan pelatihan ini bermanfaat serta mendapat dukungan dari pemerintah sehingga produk dari Mataram Baru dapat menambah nilai ekonomi bagi masyarakat.

Pada kesempatan yang sama Oner Azzahra Craft Finaroviana, SH menuturkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan kali ini merupakan pembekalan yang diharapkan berdampak positif bagi yang ingin berwirausaha.

“Wirausaha adalah kegiatan Kreasi atau Inovasi untuk menyiapkan produk-produk yang mengandung nilai jual. Bagi pelaku usaha harus yakin karena dengan kita optimis kita akan mengalami kemajuan dan akan berhasil. Tak hanya itu pelaku usaha juga harus memiliki komunikasi ke konsumen agar menarik dan ahirnya bisa membeli produk kita”, ujarnya.

“Saat Pandemi Covid-19 berlangsung banyak pelaku usaha yang gulung tikar, kita harus tetap semangat jangan putus asa dan mencari solusi lain dengan mencari usaha baru. Jangan cepat puas dengan pencapaian saat ini kita harus terus berinovasi dan proaktif dalam melihat peluang”, tegasnya.

_Tarmuji_