oleh

Ajang Kejuaraan Pramuka 2 Tahunan, Wanabakti Malingping Gelar Berbagai Lomba

Sekilasindonesia.id, LEBAK – Dalam rangka memperingati HUT Satuan Karya Pramuka (SAKA) Wanabakti Ke- 39 Tahun 2022. Satuan Karya Pramuka ( SAKA ) Wanabakti – Malingping menyelenggarakan kegiatan bertajuk Wanabakti Scout Challenge Season 3. 2022 (WSC C-3. 2022) Tingkat Penggalang dan Penegak Se- Lebak Selatan, Dengan mengusung tema “Wanabakti Sebagai Eksistensi Satuan Karya di Lebak Selatan”. Bertempat di SMAN 2 Malingping, tepatnya di Desa Sumber Waras, Kecamatan Malingping, Lebak. Minggu, (04/09/2022).

Dikatakan Alpan Aliadi, selaku ketua pelaksana kegiatan, WSC yang kali ini digelar merupakan ajang kejuaraan Pramuka 2 tahunan yang pertama kali diselenggarakan di tahun 2018. Namun, kejuaraan tingkat penggalang baru perdana digelar tahun ini. Jumlah peserta yang berpartisipasi pun lebih meningkat dibanding pelaksanaan di musim sebelumnya.

“Ada beberapa cabang yang di lombakan diantaranya : Bank Soal, Kreasi Pioneering, Kreasi Yel-yel, Sandi Morse Semaphore (SMS), Kreasi Baris-berbaris, Video Inspiratif, dan Busana Limbah. Beberapa cabang yang dilombakan itu tidak lain ialah untuk melatih ketangkasan dan sebagai orientasi materi-materi ke SAKA an,” katanya.

Ditempat yang sama, Ketua Dewan SAKA WANABAKTI, Hendrik Arrizqy, menuturkan,
seyogyanya WSC tahun ini akan digelar pada bulan Desember mendatang bertepatan dengan HUT SAKA WANABAKTI pada 19 Desember mendatang.

“Namun, karena berdasarkan agenda kerja Dewan SAKA dan padatnya agenda Kwaran dan Kwarcab pada bulan-bulan tersebut, terpaksa harus dialihkan pada bulan September,” ujarnya.

Sementara itu, Haris Tatolis, selaku perwakilan Mabi. SAKA, yang juga merupakan pendiri SAKA Wanabakti – Malingping di tahun 2014, mengapresiasi gerakan yang dilakukan oleh Saka WANABAKTI – Malingping selama ini.

“SAKA WANABAKTI tetap konsisten dan eksis dalam mengawal berbagai gerakan yang bercitrakan Kepramukaan dan agen dalam pengelolaan lingkungan hidup di kawasan Lebak Selatan Khususnya dan Provinsi Banten pada umumnya,” ungkapnya.

Diketahui, dari Gelaran WSC C-3. 2022, Sekolah Menengah Atas Swasta (SMAS) Daar El – Ishlah meraih juara umum tingkat penegak dan Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Maulana Yusuf sebagai juara Favorit. Sementara, di tingkat penggalang juara umum diraih oleh SMPN 1 Wanasalam dan MTs. Daar El – Ishlah sebagai juara Favorit.

SMAS Daar El – Ishlah menambah daftar baru pada kejuaraan tingkat WSC. Menyusul SMKN 1 Malingping sebagai pemilik gelar juara di tahun 2018, dan SMAN 1 Malingping di tahun 2020.

(Usep).