oleh

Polres Maros Tangani Secara Humanis Dan Persuasif,Unras Tolak Kenaikan BBM Di Maros Berakhir Aman Dan Tertib

Sekilasindonesia.id,MAROS,SULSEL,Aksi Unjukrasa kebijakan pemerintah terkait penyusuaian harga BBM berlangsung serentak dihampir sejumlah daerah,salah satunya di kabupaten Maros,sulawesi selatan.

Selasa (6/9/2022),bertempat di depan SPBU Buttatoa Kecamatan Turikale Kabupaten Maros,gabungan massa aksi dari Aliansi Mahasiswa dan Masyarakat Kabupaten Maros (AMARAH) menggelar demonstrasi menyampaikan sejumlah tuntutan.

Aksi unjukrasa dari ratusan massa tersebut mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian Polres Maros.

Dipimpin Kapolres Maros AKBP Awaludin Amin Sik,sebanyak ratusan personil dan peleton Polwan dikerahkan untuk mengawal jalannya aksi.

Kapolres Maros AKBP Awal memerintahkan jajarannya untuk mengawal demo dengan mengedepankan pendekatan humanis. Awal menjamin kebebasan warga dalam menyampaikan pendapat.

“Polres Maros memberikan dan menjamin setiap warga negara untuk untuk menyampaikan aspirasinya atau memberikan ruang demokrasi. Oleh karena itu, pendekatan humanis harus terus dilaksanakan dalam mengawal aksi demonstrasi,” kata Kapolres.

Kapolres lantas menjelaskan komitmen Polres Maros dalam menjunjung tinggi HAM dan nilai-nilai demokrasi utamanya dikabupaten Maros.

Menurut Awal, Polres Maros berpegang teguh pada UUD 1945 maupun Undang-Undang (UU) soal kebebasan berpendapat dan berekspresi yang merupakan bagian dari HAM sehingga diberikan perlindungan secara universal.

Selain itu, Kapolres juga menegaskan Polri tetap akan menjalankan tugasnya dalam memberikan jaminan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Alhamdulillah dengan pendekatan yang humanis,aksi hari ini berjalan dengan aman dan tertib ” ujar Kapolres.

Pada aksi unras tadi terjadi sedikit insiden terkait adanya sopir truk yang nekat menerobos blokade aksi unras sehingga menyulut emosi para peserta unras namun cepat ditangani personil pengamanan.

“Tadi memang terjadi sedikit insiden tapi dengan kesigapan personil pengamanan,semua bisa dikendalikan”tutupnya.