Daerah

Mewakili Gubernur Fahrizal Darminto Sekda Prov Lampung Hadiri Dies Natalis Itera ke-8

×

Mewakili Gubernur Fahrizal Darminto Sekda Prov Lampung Hadiri Dies Natalis Itera ke-8

Sebarkan artikel ini

Sekilasindonesia.id ||LAMPUNG SELATAN –  Gubernur Lampung Arinal Djunaidi diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto menghadiri Sidang Terbuka dalam rangka Dies Natalis Institut Teknologi Sumatera (Itera) Ke-8 yang dibuka langsung oleh Rektor Itera Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, di Aula Gedung Kuliah Bersama Itera, Kamis (06/10/2022).

Membacakan sambutan Gubernur Lampung, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto menyatakan bahwa atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, Gubernur Arinal Djunaidi mengucapkan selamat memperingati Dies Natalis ITERA Ke-8, semoga ITERA dapat lebih berkembang guna menghadapi perubahan zaman yang semakin cepat.

Click Here

Gubernur juga menyatakan bahwa Tema “Menata Harmoni, Meniti Mandiri” yang diusung dalam Dies Natalis Itera Ke-8 harus menjadi acuan bersama untuk mengembangkan kemandirian ITERA dalam mewujudkan cita-cita luhur, yakni terciptanya keharmonisan yang berkesinambungan, menjadi perintis kemandirian dan menjadi kampus yang kuat, memberikan manfaat bagi masyarakat, sehingga mampu menjadi perguruan tinggi yang bermartabat.

Selain itu, Menurut Gubernur, ITERA sebagai perguruan tinggi negeri yang sudah berdiri sejak 6 Oktober  2014 silam, telah menjadi penggerak dan pelopor kemajuan di Sumatera. Sejak berdirinya, ITERA terus berkembang untuk menanggapi perubahan-perubahan yang ada, dengan mendirikan berbagai program studi baru yang hanya ada di Indonesia, diantaranya Sains Atmosfir dan Keplanetan, Teknik Perkeretaapian, Sains Data, dan lain-lain, juga dibentuknya beberapa pusat riset dan inovasi seperti Purino Wisata Global Geopark dan Wisata Langit, Purino Kecerdasan Buatan, Purino Membran Nano, dan lain-lain.

Tidak hanya itu saja, Institut Teknologi Sumatera (ITERA) berhasil menempati peringkat ke-13 sebagai Kampus Paling Berkelanjutan di Indonesia dan peringkat 143 kampus berkelanjutan di tingkat global dalam UI Greenmetric World University Ranking tahun 2021.

ITERA pun berhasil naik enam peringkat, dari tahun sebelumnya yang menempati posisi ke-19, dan meraih predikat khusus The Most Sustainable Improved University. Itera menempati peringkat ke dua dari 15 perguruan tinggi negeri yang meraih predikat menuju informatif, dengan nilai 88,79.

“ITERA telah banyak pencapaian akademik di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Saya yakin dan percaya, alumni ITERA memiliki kualitas yang dapat mengisi pembangunan di kancah regional, nasional, bahkan internasional, serta mampu berkontribusi untuk melawan kerawanan pangan yang tengah terjadi,” ucap Fahrizal Darminto

Menurut Fahrizal, Gubernur juga berharap dengan perayaan satu windu berdirinya ITERA ini, ITERA mampu menjaga keselarasan visi dan misi dalam meniti kemandirian yang
berkesinambungan.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik & Kemahasiswaan Prof. Dr. Eng. Khairurrijal, M.Si., saat membacakan sambutan Rektor Itera Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha menyatakan bahwa Itera lahir atas kebutuhan tenaga enginer berkualitas di Indonesia yang disampaikan oleh Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2011.

Berdasarkan kebutuhan tersebut pemerintah melakukan kajian dan dihasilkan rumusan bahwa jumlah perguruan tinggi di Indonesia yang fokus pada bidang teknik dan natural scince masih sangat sedikit dibandingkan dengan bidang-bidang lainnya.

“Menindaklanjuti hal tersebut pemerintah menetapkan untuk mendirikan 2 Intitut Teknologi baru yang salah satunya adalah Intitut Teknologi Sumatera atau Itera, dan dengan bantuan dari ITB maka Itera berhasil diresmikan pada tahun 2014,” ungkap Khairurrijal

Menurut Khairurrijal, 8 tahun pertama sejak Itera didirikan, segenap civitas akademika Itera bersama para Founding Father bahu-membahu bekerja keras untuk membangun Itera dengan membentuk pondasi awal yang kuat dan kokoh sebagai pijakan Itera untuk kemudian berkembang.

““Untuk itu, dalam momen bahagia dies natalis Itera Ke-8 ini, kami menyampaikan rasa hormat dan penghargaan setingi-tingginya kepada para pendahulu Itera yang telah dengan penuh semangat dan dedikasi membangun kampus Itera tercinta,” ucapnya.

Oleh karena itu, pada kesempatan tersebut Rektor Itera Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha memberikan penghargaan Itera Adhikarsa Utama, Itera Adhiyasa Utama, Itera Adhikarsa Madya, Itera Adhiyasa Madya, Itera Adhikarsa Pratama, dan Itera Cendikia Utama, serta Itera Adhinayaka, Sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada para Tokoh dan Founding Father Itera yang telah berjasa dalam pembangunan Kampus Itera. (Ril)

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d