oleh

PJ Gubernur Babel Apresiasi Kesiapan PLN Sukseskan Kegiatan G20 dan Resmikan SPKLU Pertama di Belitung

Sekilasindonesia.id ||BELITUNG – Persiapan kelistrikan untuk _Development Working Group_ (DWG) 20 di Pulau Belitung dilakukan sejak jauh-jauh hari oleh PLN. Selain itu guna mendukung kegiatan tersebut, PLN juga diminta untuk membangun infrastruktur Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Usaha PLN ini sudah dilakukan secara maksimal, Tanjung Pandan, 5 September 2022.

Executive Vice President Distribusi Regional Bisnis Sumatera dan Kalimantan PT PLN (Persero), Hartono memastikan kesiapan seluruh infrastruktur kelistrikan demi menyukseskan G20 di Belitung yang akan dilaksanakan pada tanggal 7-9 September 2022.

Dalam sambutannya, Hartono menyatakan, PLN memiliki peran penting dalam mendukung Presidensi G20 dengan menghadirkan listrik yang andal, berkualitas dan ramah lingkungan.

“Saat ini, kecukupan daya sistem Belitung dengan Daya Mampu sebesar 71,9 MW, Beban Puncak Tertinggi 51,3 MW dan Cadangan Daya sebesar 20,5 MW,” ungkap Hartono.

Selain itu, PLN telah menyiagakan beberapa peralatan infrastruktur kelistrikan yang tersebar di Belitung.

“PLN telah menyiagakan beberapa infrastruktur kelistrikan berupa Genset Mobile 500 kVA sebanyak 5 unit, UPS Mobile 400 kVA 1 unit, UPS Mobile 100 kVA sebanyak 2 unit, Unit Gardu Bergerak (UGB) 1.000 kVA 1 unit, UGB 630 kVA 1 unit, UGB 250 kVA sebanyak 2 unit dan PLTS untuk showcase di PLTU Suge serta personil siaga sebanyak 286 orang,” jelas Hartono.

Sementara itu, PJ Gubernur Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin mengapresiasi kesiapan PLN dalam menyediakan pasokan listrik dalam kegiatan G20 di Belitung.

“Saya sangat mengapresiasi upaya PLN dalam persiapan kegiatan G20, saya juga mengucapkan terima kasih atas tersedianya SPKLU pertama di Belitung, semoga dengan adanya SPKLU ini dapat memberikan gambaran dan mendorong masyarakat khususnya Belitung dalam penggunaan kendaraan yang ramah lingkungan,” ungkap PJ Gubernur Bangka Belitung.

Pada kesempatan yang sama, General Manager PLN UIW Bangka Belitung Amris Adnan mengatakan bahwa selain infrastruktur kelistrikan, PLN juga menyiapkan infrastruktur SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) yang tersebar di Belitung guna mendukung suksesnya kegiatan G20. Ini merupakan SPKLU pertama yang dibangun di Pulau Belitung.

“Selain infrastruktur kelistrikan, PLN juga sudah menyiapkan infrastruktur SPKLU di beberapa titik di Belitung dalam kelancaran kegiatan G20, yakni 1 SPKLU Permanen yang berlokasi di UP3 Belitung dan 3 SPKLU Temporer di Parkir Hotel BW Suite, VVIP Lounge Bandara dan Parkir Hotel Sheraton,” ungkapnya.

“Kami juga berkomitmen menghadirkan listrik yang lebih ramah lingkungan agar masyarakat Belitung khususnya dapat menyaksikan secara langsung transisi energi Indonesia menuju era energi hijau,” tutup Amris.

Lebih dari itu, Bupati Belitung Sahani Saleh bangga dengan kesiapan PLN dalam membangun infrastruktur Kendaraan Listrik Berbasis Baterai (KLBB) di Belitung.

“Saya merasa bangga terhadap kerja keras PLN dalam mempersiapkan infrastruktur Kendaraan Listrik Berbasis Baterai (KLBB) di Belitung dan Saya optimis bahwa pariwisata di Belitung akan meningkat dan penggunaan kendaraan listrik kedepan akan lebih banyak. Dengan persiapan yang luar biasa dan cepat oleh PLN, gelaran acara DWG G20 ini akan berjalan dengan baik” ungkap Bupati.

Selanjutnya, PLN terus mempercepat pembangunan beragam infrastruktur kelistrikan khususnya yang berbasis energi baru terbarukan (EBT) untuk menyukseskan kegiatan G20. (BD)