oleh

Tingkatkan Infrastruktur Kelistrikan PT PLN Terus Berinovasi Menghadirkan Layanan Terbaik

Sekilasindonesia.id ||JAKARTA – PT PLN (Persero) menegaskan komitmennya dalam melistriki seluruh masyarakat di Indonesia dengan terus meningkatkan infrastruktur kelistrikan dan terus berinovasi untuk menghadirkan layanan terbaik. Komitmen ini sebagai wujud dari tugas PLN sebagai perusahaan listrik nomor satu di Indonesia, Jakarta, 4 September 2022.

Munief Budiman, Executive Vice President Pelayanan Pelanggan Retail PLN menjelaskan perseroan terus mengoptimalkan layanan kelistrikan. Saat ini dengan total daya terpasang lebih dari 65 Gigawatt (GW), PLN memastikan mampu memasok listrik kepada seluruh pelanggan.

“PLN sebagai perusahaan pelayanan, di mana komoditi listrik sangat dibutuhkan lapisan masyarakat. Komitmen kami memastikan pasokan listrik tersedia kepada seluruh konsumen dengan kapasitas dan daya yang memadai,” ujar Munief.

Munief juga menjelaskan selain daya yang cukup, PLN juga memastikan pembangunan jaringan listrik terus dilakukan. Sebab, Indonesia sebagai negara kepulauan perlu akses yang terkoneksi dari satu wilayah ke wilayah lain.

Selain itu, Munief tak menampik bahwa upaya memberikan infrastruktur listrik bagi seluruh masyarakat tak terlepas juga di daerah 3T. “Untuk itu, kami juga membangun pusat atau pembangkit listrik di daerah terpencil sehingga ketika tidak bisa masuk grid nasional, masyarakat tetap bisa mengakses listrik,” tambah Munief.

Pengembangan sumber listrik mandiri tersebut memanfaatkan potensi energi yang ada di wilayah tersebut. Misalnya, melalui potensi surya, angin dan juga air.

“Kita _combain_ dan kita upayakan, sehingga masyarakat secara memadai ini bisa menikmati listrik seperti yang ada di daerah lain,” tegas Munief.

*_Pelayanan Prima Kepada Pelanggan_*

PLN juga memastikan akan siap melayani masyarakat 24 jam. Lewat PLN Mobile, masyarakat kini tak sulit untuk mendapatkan layanan PLN secara cepat dan mudah. Berbagai layanan seperti penyambungan baru, penambahan daya, pengaduan, pembayaran tagihan dan pembelian token listrik, catat meter secara mandiri dapat dilakukan hanya melalui telepon genggam.

“Pelanggan tidak perlu repot-repot mendatangi kantor PLN untuk mendapatkan layanan PLN. Kami membuat sistem yang terintegrasi dan langsung direspons cepat oleh PLN, serta prosesnya termonitor secara _real time_,” terang Munief.

Selain layanan kelistrikan, PLN Mobile juga memiliki fitur layanan internet, Electric Vehicle untuk pengguna kendaraan listrik, ListriQu untuk perbaikan instalasi dalam rumah dan juga _marketplace_ yang bisa diakses oleh masyarakat.

Dengan Tema Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat bersama Pelanggan, Munief menjelaskan PLN memberikan banyak promo bagi pelanggan. Saat ini, PLN memberikan promo Nyalakan Kemerdekaan dan Extra Daya dengan potongan harga yang cukup besar sehingga masyarakat yang hendak tambah daya bisa memanfaatkan ini dengan harga yang terjangkau.

“Semua promo bisa diakses langsung melalui PLN Mobile. Kami ingin memberikan _customer experience_ yang terus lebih baik ke masyarakat,” tutup Munief. (Red)