oleh

Upaya Mengembalikan Kejayaan Lada Bangka (Muntok White Peper)

Sekilasindonesia.id ||BANGKA SELATAN –Universitas Djuanda Bogor bekerjasama dengan PT.Izzah Globalindo Indonesia mengadakan seminar kepada petani lada yang ada di kecamatan Airgegas yang merupakan Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN) Lada Putih Bangka Montok White Pepper.

Kegiatan seminar itu dilaksanakan dikantor desa Airgegas kecamatan Airgegas Kabupaten Bangka Selatan pada tanggal 27 Agustus Tahun 2022, dengan tema : Optimalisasi Budidaya Tanaman Lada untuk mengembalikan Kejayaan Lada Bangka. Kegiatan tersebut dimulai dari pukul 09.00 WIB – 12.15 WIB dengan narasumber dari Dinas Pertanian, Pangan, Perikanan Kabupaten Bangka Selatan.

Lada merupakan salah satu komoditi unggulan indonesia. Meskipun pengembangan lada di Indonesia sudah cukup lama, namun perkembangannya masih kurang. Selain itu, minat petani khususnya di daerah Bangka Belitung yang menjadi tempat utama komoditi lada berkurang sehingga produktivitas lada menurun.

Permasalahan yang terjadi disebabkan karena banyaknya tanaman tua dan rusak, serangan hama penyakit dan kurangnya pemeliharaan tanaman. Pengetahuan terkait dengan cara budidaya tanaman lada yang baik belum dimiliki sepenuhnya oleh petani lada di daerah Bangka Belitung.

Maka, perlu dilakukannya suatu kegiatan berupa seminar untuk memberikan pengetahuan yang cukup terkait dengan budidaya tanaman lada sehingga petani bisa kembali meningkatkan produktivitas lada di Bangka Belitung khususnya di Kecamatan Airgegas, Bangka Selatan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Gapoktan dari Desa Nyelanding, Gapoktan dari desa Airgegas, dan Gapoktan dari Desa Nangka.

Pada sesi diskusi, Sudarlin selaku narsum menyampaikan,” Dengan seminar ini diharapkan adanya peningkatan semangat dari petani dalam membudidayakan tanaman lada, peningkatan produktivitas tanaman lada diwilayah Kecamatan Airgegas, serta tanaman lada kembali menjadi primadona ditengah-tengah masyarakat,” tutupnya.

Reporter : (Doni Saputra)