oleh

Diikuti 32 pangkalan SD/ MI dan SMP/Mts, Kwaran Pramuka Malingping Gelar Perkemahan LT II Gerakan Pramuka

Sekilasindonesia.id, LEBAK – Sebanyak 32 gugus pangkalan sekolah tingkat SD/MI dan SMP/MTs se-kecamatan Malingping mengikuti perkemahan Lomba Tigkat II (LT) bagi Tingkat Penggalang, bertempat di bumi perkemahan Pantai Bagedur, Desa Sukamanah, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, yang digelar pihak kwartir ranting (Kwaran) gerakan Pramuka Malingping, selama dua hari Sabtu – Minggu (27 – 28/08/2022).

Kegiatan yang bertemakan “Pramuka berlatih dengan giat berkarya untuk Bangsa”, yang merupakan representatif dari kemandirian seorang insan pramuka untuk tidak lelah untuk senantiasa mengabdi dan memberikan kontribusi kepada lingkungan masyarakat lewat karya nyata. Ini merupakan salah agenda tahunan yang dilakukan 2 tahun sekali yang Bertujuan untuk meningkatkan kwalitas dan prestasi regu Pramuka Penggalang, mengetahui kemampuan Prestasi peserta lomba, dan sebagai bahan evaluasi terhadap kegiatan serta masukan dari para pembina. Serta menetapkan regu ber Prestasi di LT 2 merupakan ajang seleksi untuk data LT III di Gerakan Pramuka tingkat Kabupaten.

Hadir dalam kegiatan itu, Camat Kecamatan Malingping Lingga Segara selaku Ka Mabiran, Kapolsek Malingping, Danramil 0313/Malingping, Kemenag KUA Malingping, Kepala Desa selaku Mabides, para Mabigus pangkalan sebanyak 32, serta insan pramuka Dewasa.

Dalam sambutanya, Lingga Segara, Camat Malingping selaku Mabiran, menyampaikan dihadapan para peserta perkemahan LT II untuk senantiasa meningkatkan kualitas kepramukaan bukan semata- mata perkemahan ini sekedar main-main, namun lebih pada mempererat tali silaturahmi sesama insan pramuka terlebih lagi dalam LT ini dengan tempat alam terbuka dapat dijadikan sarana edukatif, rekreatif dan inovatif.

“Pendidikan kepramukaan ini merupakan salah satu wadah yang amat menyenangkan bagi insan pramuka bukan hanya sekedar bermain namun mampu mematangkan karakter terutama dalam kemandirian yang mampu melahirkan generasi berprestasi dalam karya nyata,” kata Lingga Segara.

Sementara itu, Moh. Ishlah, Ketua kwartir (Kwaran) Gerakan Pramuka Malingping, mengatakan, kegiatan ini mestinya diikuti 34 pangkalan SD, MI 24 pangkalan, SMP 13 pangkalan dan MTs 16 pangkalan, namun yang mengikuti perkemahan LT II ini hanya diikuti 21 panggilan SD ditambah satu pangkalan MI, kemudian SMP hanya 6 pangkalan dan terakhir MTs 3 pangkalan. Namun sekalipun demikian perkemahan ini berjalan sesuai dengan baik.

“Alhamdulillah sejak acara dari jam 7.00 wib hingga saat ini masih berlangsung perlombaan diantaranya pertama Administrasi regu, pioneering, semboyan dan isyarat, senam Pramuka, pidato bela negara, melukis, hasta karya, cerdas cermat, MTQ, Kreasi seni, masak rimba, festival kuliner, P3K, membuat obat tradisional, Bivak, menaksir pohon, Aral lintang, PBB dan perkemahan. Sy selaku ketua Kwaran mengapresiasi kepada pihak sekolah yang telah mengirimkan putra putrinya untuk mengikuti LT II sebab kegiatan ini hanya dua tahun sekali kesempatannya,” ungkapnya.

(Usep).