oleh

Imbas Pembangunan Rel Kereta Api,Poros Maros-Pangkep Ditutup Total,Polres Maros Siapkan Rencana Pengamanan

Maros,Sulsel – Jalan Poros Maros-Pangkep di Desa Maccini Baji, Kecamatan Lau, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel) bakal ditutup total 24-25 Agustus nanti. Penutupan jalan ini untuk melakukan pemasangan jembatan rel kereta api, sehingga warga diimbau menunda perjalanan.

“Untuk tanggal 24 itu akan dilakukan penutupan selama kurang lebih lima jam,” kata Kapolres Maros AKBP Awaludin Amin Sik, Senin (22/8/2022).

Kapolres Maros mengatakan penutupan jalan ini akan dimulai pada Rabu (24/8) pukul 23.00 Wita hingga Kamis (25/8) pukul 04.00 Wita. Penutupan jalan ini dikhususkan untuk kendaraan roda enam ke atas seperti truk dan bus.

Dalam rencana penutupan jalan ini,Kepolisian Resor Maros telah menyiapkan rencana pengamanan dengan melibatkan 75 Personil yang akan di ploting sesuai titik yang akan menjadi jalur alternatif.

Kepala bagian Operasional Polres Maros melalui Paur Subbag Dalops Ipda Yusuf mengatakan “rencana pengamanan telah kami siapakan,75 personil akan kami ploting di lokasi yang kami anggap perlu kehadiran Polisi”katanya.

“Bersama balai kereta Api kami menyiapkan rute Alternatif namun hanya bisa dilalui kendaraan kecil,tanda panah penanda jalan juga sudah terpasang untuk memudahkan pengguna jalan”ujarnya.

“Kita siapkan kantong parkir dan rest area. Ada yang dari Maros ke Pangkep maupun sebaliknya kita siapkan rest areanya,” ujarnya.

Sementara itu Kasat Lantas AKP Malik mengatakan untuk kendaraan roda empat ke bawah, tetap bisa melintas di jalan tersebut. polisi sudah menyiapkan jalur alternatif di lokasi pengerjaan jembatan.

“Bukan pengalihan, cuma dibelokkan. Itu dibuatkan jalan alternatifnya yang bisa dilewati roda empat. Itu posisinya di lokasi pengerjaan jembatan. Jadi nanti di lokasi kita ada petugas yang arahkan untuk lewat situ,” bebernya.

Lebih lanjut Malik menjelaskan penentuan waktu penutupan jalan ini berdasarkan kajian arus lalu lintas di Jalan Poros Maros-Pangkep. Pada pukul 23.00 Wita hingga pukul 04.00 Wita, mobilitas kendaraan jauh lebih sedikit.

“Untuk bus itu sudah lewati itu lokasi baru penutupan. Juga untuk yang subuhnya itu di jam itu setelah dibuka baru juga jam masuknya bus dari daerah,” terangnya.