oleh

Serahkan Empat Mesin Combine, Bupati Riza Ingatkan seluruh UPJA Harus Adil & Utamakan Masyarakat Kecil

BANGKA SELATAN-</strong- Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Selatan melalui Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan menyerahkan 4 (empat) mesin Combine pemanen padi berukuran Besar kepada 3 (tiga) Usaha Pelayanan Jasa Alsinta (UPJA) yang ada di Bangka Selatan.

Penyerahan tersebut dilakukan di halaman kantor Dinas Pertanian, Pangan, dan perikanan Kabupaten Bangka Selatan, pada Kamis (18/8/22).

Masing-masing UPJA yang menerima yaitu, satu untuk UPJA Dungun Raya di Batu Betumpang, satu untuk UPJA Meraling Jaya di Desa Pergem dan dua untuk UPJA Serdang Makmur.

Bupati Riza Herdavid berharap UPJA yang mendapatkan mesin Combine ini dapat meprioritaskan masyarakat kecil dalam penggunaannya.

"Harapan saya kepada UPJA yang mendapatkan bantuan ini, tolong di prioritaskan betul-betul untuk masyarakat kecil dalam menggunakan alat ini, untuk UPJA yang menerima marilah bekerja secara tepat sasaran, membiasakan untuk tidak mementingkan diri kita sendiri dan orang-orang terdekat kita saja," imbunya.

Selanjutnya, Bupati Riza Herdavid kembali mengingatkan agar seluruh UPJA di Kabupaten Bangka Selatan untuk bekerja dengan berkeadilan.

"Dalam kesempatan ini juga saya mengingatkan kepada seluruh UPJA, untuk bekerja dengan berkeadilan tolonglah rakyat, karena yang paling kesulitan ini petani yang sangat kecil kalau mereka tidak ada combine itu otomatis kerja keras mereka bertahun panjang akan hangus atau sia-sia kalau tidak mendapat skala prioritas dari kawan-kawan UPJA," ujarnya.

Kemudian Bupati Riza Herdavid menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan akan berusaha memenuhi kebutuhan mesin Combine di Kabupaten Bangka Selatan.

"Kami Pemerintah Daerah akan terus berusaha maksimal bagaimana bisa memenuhi kebutuhan Combine di Kabupaten Bangka Selatan yang muaranya untuk kesejahteraan rakyat, bagaimana kita harus selalu ada untuk rakyat, dan bagaimana kita terus bisa memfasilitasi rakyat untuk kesejahteraan rakyat," tutupnya.

Sementara, Seizin Bupati Bangka Selatan H. Riza Herdavid, S.T., M.Tr.IP, Plt. Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan Gatot Wibowo S.Hut., M.Si menjelaskan Tahun Ini dari Dana Alokasi Khusus (DAK) kita mendapatkan 4 mesen Combine pemanen padi katagori besar.

"Untuk pendistribusiannya akan kita berikan kepada 3 UPJA yaitu, satu untuk UPJA Dungun Raya di Batu Betumpang, satu untuk UPJA Meraling Jaya di Desa Pergem dan dua untuk UPJA Serdang Makmur di Desa Serdang yang kebetulan masa panen diserdang ini satu tahunnya bisa tiga kali dan satu kali panen itu bisa satu hektar dan sebelumnya Serdang juga belum penah mendapatkan distribusi ini," ungkapnya.

Kemudian, Gatot Wibowo mengatakan bahwa tujuan penyerahan komben ini adalah untuk membantu petani supaya lebih praktis, efisien dan lebih cepat lagi dalam melakukan panen.

"Dengan menggunakan alat ini proses panen akan lebih mudah karena yang keluar nanti yaitu sudah dalam bentuk padi kering atau gabah jadi bisa langsung di jemur dan dimasukan ke mesin penggilingan," Tuturnya.

Terakhir Gatot menambahkan, Untuk penambahan mesin Komben ini akan selalu kita upayakan melalui DAK.

"selain itu kita juga mengupayakan apa-apa keperluan petani terkait Alsintan agar bisa memudahkan mereka dalam rangka meningkatkan produktivitas pangan, karena kita ketahui bahwa Kabupaten Bangka Selatan adalah lumbung pangannya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," pungkasnya.

(Riki.s)