oleh

Tak Terdaftar BPJS, Pemkab Takalar Ambil Alih Pengobatan Bocah Pengidap Malnutrisi

Sekilasindonesia.id ||TAKALAR – Seorang anak berinisial AR yang berusia 5 tahun Penderita Malnutrisi dan Epilepsi kini menjalani perawatan intensif di ruang perawatan RSUD Pajdonga Dg Ngalle.

Setelah itu, Putra dari pasangan Jumasang dan Suriani warga Dusun Tarembang, Desa Boddia, Kecamatan Galesong ini dirawat intensif sejak Selasa (16/8/2022) kemarin untuk memulihkan kondisinya yang drop.

Kemudian, Kepala Dinas Kesehatan Takalar dr. Rahmawati menjelaskan bahwa Sebelum dirawat di RSUD Padjonga Dg Ngalle, AR beberapa kali telah didatangi oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas Galesong untuk dicek kondisi kesehatannya dan diinstruksikan untuk dirawat di Puskesmas namun orangtuanya tidak bersedia.

“Setelah kondisinya drop, dan orang tuanya dipaksa untuk membawa anaknya ke rumah sakit barulah orang tuanya mau. Balita ini sudah dirujuk ke RSUD sejak hari selasa kemarin dan langsung ditangani oleh dokter spesialis anak,” kata dr. Rahma.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan lebih detail keadaan AR. Biiahwa saat ini, kondisi AR perlahan membaik setelah mendapatkan perawatan.

Pemkab Takalar sepenuhnya menanggung biaya perawatan AR, dikarenakan keluarganya tidak memiliki kartu BPJS.

“Untuk BPJS nya, karena belum ada , maka Pemda Takalar yang menanggung asuransinya. Sementara juga kita lagi dalam proses pengurusan BPJS yang iuran asuransinya akan ditangani oleh Pemda Takalar,” tutup dr. Rahma.

Suherman Tangngaji/Reni