oleh

Semangat Merah Putih, Dari Kedalaman Laut Pulau Sangiang Banten

Sekilasindonesia, Wibawa Jala Sakti – Mengusung Tema “Membangun Kejayaan Maritim untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” TNI Angkatan Laut dalam hal ini Pangkalan TNI AL Banten mengibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut Pulau Sangiang dalam rangka meriahkan HUT RI ke ke-77 Tahun 2022. (Rabu, 17 Aguustus 2022).

Pelaksanaan kegiatan ini sesuai dengan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. yakni melaksanakan Pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut secara serentak di 77 titik di seluruh Nusantara dengan melibatkan penyelam dari berbagai kalangan dengan tujuan untuk menggali rasa nasionalisme, patriotisme sekaligus melihat betapa kayanya laut yang harus kita kuasai dan kita jaga, dengan semangat kemerdekaan saatnya kita kembalikan kejayaan maritim di masa lalu.

Selain melaksanakan kegiatan Pengibaran Bendera di Bawah Laut, ada serangkaian acara untuk memeriahkan HUT RI Tahun ini diantaranya, Pembagian Sembako kepada nelayan Pulo Merak di tengah laut, Pengobatan Gratis untuk masyarakat Pulau Sangiang, Pembagian Sembako kepada masyarakat Pulau Sangiang, Penanaman Pohon Cemara Laut, Pelepasan 5 Ekor Penyu (2 Penyu Sisik dan 3 Penyu Hijau), Pelepasan Burung, Beach Clean Up, Transplantasi Terumbu Karang juga yang tidak kalah menarik diadakan pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 77 M2 di atas permukaan yang langsung di pimpin oleh Pj. Gubernur Banten Bapak Al Muktabar, Forkopimda Provinsi, Forkopimda Kota Cilegon serta berbagai Komunitas Renang dan Penyelam yang berada di Provinsi Banten.

Adapun Peserta Upacara yang terlibat terdiri dari TNI AL Banten, Polairud Polda Banten, Basarnas Banten, DKP Provinsi Banten, Possi Provinsi Banten, Possi Kota Cilegon, PT. Krakatau Posco, PT. PCM, Banten Diver Community (BDC), Pietro Dive, Cinta Alam Indonesia dan Pramuka Saka Bahari.

(Bagindo Yakub)