oleh

32 Paskibraka Dikukuhkan Walkot Wahdi, Fajar Nasution Sekertaris Disporapar : Penjaringan Dimulai dari Bulan Januari

Sekilasindonesia.id || KOTA METRO –Sebanyak 32 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Metro Tahun 2022 dikukuhkan oleh Walikota Metro. Acara pengukuhan berlangsung di Gedung Sessat Agung Bumi Sai Wawai, Senin (15/08/2022) Malam.

Wahdi, Walikota Metro mengatakan, pihaknya hari ini melakukan pengukuhan Paskibraka Kota Metro Tahun 2022 sebanyak 32 orang anggota.

“Hari ini Pemerintah Kota (Pemkot) Metro melakukan pengukuhan Paskibraka Kota Metro Tahun 2022 sebanyak 32 orang anggota. 32 orang anggota Paskibraka yang dikukuhkan ini berasal dari beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Madrasah Aliyah (MA) se-Kota Metro,” katanya.

“Anggota Paskibraka ini merupakan putra putri terpilih, yang akan menjalankan tugas mulia, untuk menaikkan dan mengibarkan, serta menurunkan bendera Merah Putih pada puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77 di Kota Metro,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, sebelum dikukuhkan, 32 orang anggota Paskibraka Kota Metro melakukan pelatihan selama 10 minggu.

“InsyaAllah, saya berharap kepada mereka selalu menjaga kesehatan. Sehingga, pada waktunya nanti bisa menjalankan tugas sebagai Paskibraka dengan sebaik-baiknya,” jelasnya.

Sementara itu, Fajar Nasution, Sekertaris Disporapar Kota Metro menambahkan, sejak bulan Januari telah dilakukan proses penjaringan calon Paskibraka Kota Metro Tahun 2022.

“Untuk proses penjaringan sudah dimulai dari bulan Januari tahun 2022. Proses penjaringan kami lakukan dengan cara mengunjungi ke sekolah-sekolah, untuk mencari bibit-bibit yang berpotensi,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, dari proses penjaringan telah terpilih 34 anggota Paskibraka.

“Dari 34 anggota Paskibraka yang terpilih, 2 orang kita kirim ke provinsi dan 32 orang untuk mengibarkan bendera pusaka di Kota Metro,” tandasnya.

Dia menambahkan, dengan mengikuti Paskibraka, adik-adik ini bisa menyalurkan hobi, prestasi, kemampuan, serta menumbuhkan semangat juang sejak dini. Sehingga mereka bisa mengisi masa muda dengan baik.

Dari data yang dihimpun, diketahui, upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI di Kota Metro nantinya, akan dilaksanakan di Stadion Tejosari. Dalam seremonial tersebut, bertindak sebagai Komandan Upacara pengibaran bendera, Kapten Armed Tasman dan Komandan Upacara Penurunan Bendera oleh IPTU Teguh Puji Ruswanto, kemudian, Danpas Pasukan Kenaikan Bendera, Kapten Inf. Tri Yuli Priyono, sedangkan, Danpas Sore atau Penurunan Benderaz zialah Ipda R. Sumantri.(Ril)