oleh

Berbagai Promosi, Gowes Go Green Bangka 2022 Digelar Pj Ridwan Djamaluddin

Sekilasindonesia.id ||PANGKALPINANG – Bertujuan untuk sehat sekaligus menggalakkan ‘go green’, upaya melindungi hewan endemik mentilin, hingga mempromosikan pariwisata, Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Ridwan Djamaluddin, menginisiasi kegiatan Gowes Go Green Bangka 2022.

Kegiatan yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kep. Babel bekerja sama dengan Kementerian ESDM RI, yang diikuti oleh 781 peserta termasuk Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Babel, digelar pada Sabtu (13/8/2022).

_Start_ dan _finish_ bersepeda di Rumah Dinas Gubernur Babel, kegiatan terbagi menjadi dua kategori yaitu, fun fondo (25 km) dengan rute 0 kilometer Pangkalpinang, serta Pantai Pasir Padi dan grand fondo (100km), dengan rute melewati 0 kilometer Pangkalpinang, Pagoda Tri Agung, Pantai Rambak, Pantai Tikus Emas, dan Pantai Pasir Padi.

Menariknya, peserta Gowes Go Green Bangka 2022 ini bukan hanya masyarakat Babel saja, melainkan ada yang rela datang dari Jakarta, Bandung, dan sekitarnya untuk mengikuti kegiatan ini. Salah satunya adalah Narita.

“Saya memang sengaja ke sini untuk ikut gowes, karena undangan juga. Pantainya bagus, alamnya bagus,” ujar Narita, pesepeda Asal Jakarta saat namanya dipanggil ke panggung, menjadi salah satu yang beruntung mendapatkan doorprize.

Sesuai dengan tujuan Pj Gubernur, memang inilah yang diharapkannya, mengenalkan keindahan pariwisata Babel, juga menjaga kelestarian alam Babel. Ini dibuktikan dengan adanya agenda penanaman bibit cemara laut di sepanjang jalan Pantai Pasir Padi, juga pembagian 500 bibit pohon alpukat mentega untuk peserta gowes.

Tak hanya itu saja, sebagai bentuk menyambut Hari Kemerdekaan ke-77 RI, juga diadakan pembagian 10 juta bendera merah putih kepada masyarakat, yang mana ini merupakan salah satu program nasional.

Acara gowes semakin meriah, karena di sela-sela pembagian hadiah doorprize, hadir dua putra terbaik daerah yang berhasil memenangkan kontes dangdut nasional, yakni Yendri KDI dan Zainul Rising Star Dangdut untuk menghibur peserta dengan suara emasnya.

Penulis: Intan