Daerah

Pemkot Pangkalpinang Mulai Melakukan Aktivasi KTP Digital

×

Pemkot Pangkalpinang Mulai Melakukan Aktivasi KTP Digital

Sebarkan artikel ini

Sekilasindonesia.id ||PANGKALPINANG – Aparatiur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Pangkalpinang mulai melakukan aktivasi Kartu Tanda Penduduk (KTP) digital. Penerapan perdana dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang, Radmida Dawam.

“Hari ini saya pertama aktifkan KTP digital atau identitas digital melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Diskdukcapil), “ ungkap Radmida seusai melakukan aktivasi KTP digital di Disdukcapil Kota Pangkalpinang, Selasa (9/8/2022).

Click Here

Transformasi ini dinilai dapat memudahkan masyarakat, sebab seluruh dokumen terkait data kependudukan pribadi dapat langsung diakses secara digital serta mudah digunakan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

“Kalau lupa-lupa (membawa fisik e-KTP) di perjalanan, tunjukkan saja ini. Mudah-mudahan ini dapat memudahkan masyarakat,” jelasnya.

Radmida mengatakan, aktivasi e-KTP digital akan diberlakukan secara bertahap. Berdasarkan informasi, penerapan aktivasi bagi masyarakat umum masih dalam tahap penjadwalan oleh Disdukcapil.

Dengan adanya trasformasi ini, Radmida berharap program ini dapat memudahkan masyarakat yang akan mengakses data kependudukan secara digital. Pasalnya apalikasi yang menaungi data kependudukan secara digital tersebut sudah terintegrasi dengan beberapa layanan diantaranya NPWP hingga aplikasi Peduli Lindungi.

“Manfaatnya banyak tidak harus menunjukkan fisik KTP juga bisa,” papar Radmida.

Terpisah, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pangkalpinang, Darwin menjabarkan pemilihan aktivasi perdana oleh Sekretais Daerah memang sengaja dilakukan sehingga diharapkan dapat menjadi pendorong dan contoh bagi ASN lainnya untuk turut serta menggunakan layanan KTP digital.

“Kami harapkan ibu Sekda memulai sosisliasai ini selaku atasan langsung, sehingga dapat menjadi contoh bagi Pegawai Negeri Sipil lainnya di pemkot,” ucapnya. (Eka)

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d