oleh

Pemkab Basel Gelar Pembinaan dan Pemberdayaan Bumdes di Hotel Marina

Sekilasindonesia.id ||BANGKA SELATAN – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan menggelar kegiatan Pembinaan dan Pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan lembaga kerja sama antar Desa menuju tata kelola yang baik, di Hotel Grand Marina Toboali Bangka Selatan, Rabu (10/8/2022).

Turut hadir Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid, Kapolres AKBP Joko Isnawan, serta OPD, dan Forkopimda Kabupaten Bangka Selatan.

Dalam kegiatan ini Riza Mengatakan, Terwujudnya kemandirian dan kesejahteraan Desa akan dapat membalikkan fakta bahwa 70,9 pertumbuhan ekonomi hanya terpusat di kota.

“Dalam undang-undang Desa pasal 87 di nyatakan bahwa Desa dapat mendirikan badan usaha milik Desa (Bumdes) dengan tujuan dapat meningkatkan pendapatan asli Desa dan kesejahteraan desa,” Kata Riza.

Kemudian Riza Menyebutkan, Pemerintah daerah akan memberi dukungan secara total kepada Bumdes agar tumbuh dan berkembang menjadi lembaga mikro di desa.

“Pahami serta dalami peraturan no 11 tahun 2021 tentang badan usaha milik desa dan peraturan menteri desa. Pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi No 3 tahun 2011 tentang pendaftaran, pendataan dan peningkatan pembina dan pembangunan badan usaha milik desa (bumdes),” Ungkap Riza.

Riza berharap kepada semua pihak baik pemerintah desa, badan pengawas maupun pengelola Bumdes memiliki kompetensi dan komitmen untuk menggerakkan Bumdes, sehingga maju dan berkembang sekaligus mensejahterakan ekonomi masyarakat.

(Riki. S)