oleh

Luncurkan Dua Prangko Seri Khusus, Ini Kata Plt. Dirjen PPI Kementerian Kominfo

SEKILASINDONESIA.ID, Solo – Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan dua prangko seri khusus, yakni seri ASEAN Paragames (APG) XI Solo dan Prajurit Keraton Solo di Balaikota Surakarta, Jawa Tengah. Jumat, (05/08/2022).

Disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kementerian Kominfo, Ismail, Penandatanganan dua prangko itu istimewa, karena peristiwa yang diabadikan dalam media prangko yang tidak mungkin terulang kembali.

“Tujuan peluncuran dua prangko tersebut untuk merekam peristiwa sejarah membanggakan yang pernah terjadi di Kota Solo agar dapat terus diingat oleh seluruh bangsa,” Ismail.

Dikatakannya, Desain prangko yang berkaitan dengan ASEAN Paragames Solo terdiri dari empat jenis yakni seri para powerlifting, paraarchery, wheelchair tennis, dan paraathletic.

“Prangko itu juga merekam Kota Solo telah dua kali menyelenggarakan ajang ASEAN Para Games pada 2011 dan 2022,” imbuhnya.

Lebih lanjut Plt. Dirjen PPI Kementerian Kominfo, menuturkan, peristiwa itu menjadi pertimbangan untuk meluncurkan Prangko seri khusus ASEAN Paragames Solo. Sehingga, masyarakat dapat mengetahui Solo pernah menyelenggarakan kegiatan kompetisi olahraga penyandang disabilitas tingkat Asia Tenggara.

“Prangko mampu merekam sebuah aktivitas kehidupan sejarah yang penting di dalam perjalanan sejarah suatu negara,” jelasnya.

Sementara, desain prangko kedua berlatar belakang Prajurit Keraton Solo. Peluncuran tema desain itu, sebagai bentuk penghargaan kepada keraton yang telah menjadi palang pintu kebudayaan Jawa sejak dahulu.

Keraton Solo memiliki komitmen yang tinggi dalam melestarikan setiap budaya Jawa yang diwariskan secara turun temurun. Dengan begitu, kebudayaan itu dapat terus diketahui oleh generasi penerus bangsa dalam kurun waktu hingga ratusan tahun ke depan.

“Suatu institusi yang luar biasa menjaga adiluhung budaya Jawa di Indonesia,” imbuhnya.

Seremoni peluncuran prangko seri khusus ASEAN Paragames 2022 ini menggunakan kirab budaya dari Kori Kamandungan Keraton Surakarta menuju Balaikota Surakarta. Kirab budaya Prangko seri khusus ASEAN Paragames diiringi oleh total 110 orang, yang terdiri dari 75 prajurit dalam Keraton Surakarta dan 35 pelajar dari Pramuka.

Sedangkan, pelajar Pramuka yang ikut mengiringi menggunakan menggunakan bendera merah putih, serta berpakaian lengkap baret khas pelajar Pramuka.

Prangko seri khusus ASEAN Para Games dan Prajurit Keraton Solo tersebut, diarak dari mulai Kamandungan Keraton Surakarta hingga Balaikota Surakarta yang berjarak sekitar 1,2 kilometer (km).

(Red).