oleh

Bersama Komite Sekolah SMAN 2 Metro Gelar Rapat Pleno

Sekilasindonesia.id ||KOTA METRO – Sekolah Menegah Atas Negri (SMAN) 2 Metro, menggelar rapat pleno komite sekolah bersama orang tua/wali siswa yang berlangsung di halaman sekolah setempat, Rabu (10/8 2022) Pagi.

Diketahui, Rapat yang mengusung tema, “Membangun Komunikasi Yang Efektif dan Produktif Antara Orang Tua dan Sekolah Untuk Masa Depan Putri-Putri Terbaik Bangsa” itu, dihadiri jajaran pengurus komite, kepala sekolah dan wakil beserta jajaran dewan guru juga orang tua wali siswa/i SMAN 2 Metro.

Selain bertujuan untuk memberikan pemaparan terkait program kerja sekolah, momentum ini sekaligus untuk menjalin komunikasi dan silaturahmi antara pengurus dengan seluruh wali murid. Tidak hanya terkait program sekolah saja, rapat juga membahas tentang peningkatan mutu guru, pegawai dan kegiatan belajar mengajar di SMAN 2 Metro.

Setelah itu, pengurus komite, Solehan mengatakan, pihaknya baru saja melaksanakan reorganisasi pemilihan ketua komite terbaru.

Kemudian, Disampaikan bahwa, tugas komite adalah salah satunya melakukan pemdampingan pembiayaan terhadap kebutuhan-kebutuhan sekolah. Tidak hanya itu, komite juga bertugas menyampaikan aspirasi wali murid terhadap Perkembangan-perkembangan sekolah.

Dalam keterangannya, Solehan selaku Ketua Komite sekolah SMAN 2 Metro saat di konfirmasi sejumlah wartawan menyamapaikan,” Hari ini SMAN 2 menjadi tanggungjawab Dinas Provinsi Lampung. Kita telah mengetahui bersama bahwa, dalam pembiayaan, Provinsi Lampung hanya mampu memberikan BOSDA yang sangat sedikit. Sehingga 70 persen kebutuhan anggaran sekolah harus ditanggung oleh wali murid,” ujarnya.

Lebih lanjut Solehan menjelaskan,” Bahwa saat ini dana komite ditiadakan oleh pemerintah. “Kalau berdasarkan peraturan terbaru bahwa hari ini tidak ada lagi dana komite namanya dana Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI),” jelasnya.

Menurut Solehan, hal lain menjadi prioritas pembahasan dalam rapat yakni tentang kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah, termasuk peningkatan kualitas pendidikan melalui prestasi akademik maupun non-akademik.

Solehan menambahkan,” Yang hari ini menjadi PR bagi Komite baru dan kepala sekolah yang baru. Karena bulan 9 mendatang, Kepala Sekolah Purna tugas dan tentunya digantikan kepala sekolah yang baru. Artinya, sudah menjadi tanggung jawab kepala sekolah yang baru dan komite untuk melanjutkan program-program yang telah disusun bersama wali murid,” tambahnya.

Dan, Paling krusial dalam rapat bersama wali murid tesebut, lanjut Solehan, adalah masalah anggaran. Dimana dalam rapat, wali murid menyampaikan agar sumbangan anggaran yang ditentu tidak terlalu memberatkan dan menjadi beban bagi mereka.

Jadi, dalam menanggapi hal itu, pihaknya berprinsip bahwa tidak boleh ada lagi anak usia sekolah yang tidak bisa menempuh pendidikan walaupun mereka berlatarbelakang keluarga tidak mampu. Agar bisa berjalan, kami akan mensubsidi silang. Misalnya, anaknya dua atau tidak mampu karena dia penerima PKH atau Keluarga Penerima Manfaat dan lain sebagainya.

“Solusinya Mungkin kita akan berikan keringanan biaya hingga 100 persen atau bahkan dibebaskan. Yang terpenting anak tersebut bisa sekolah Setelah nanti kita survei di lapangan. jangan sampai keluarga besar SMAN 2 putus sekolah hanya gara-gara pembiayaan,” harapnya.

Dia juga mengatakan, rapat juga membahas berkaitan dengan sarana ibadah di sekolah. Bahwa program pengadaan tempat ibadah telah dibahas pada tahun lalu. Akibat dampak pandemi, pembangunan akhirnya dihentikan.

“Makanya kita coba wujudkan tahun ini. Mudah-mudahan kita tidak ada kendala. Walaupun ini tidak mendapat bantuan dari manapun. Namun, bagaimana Komite bersama sekolah mampu membiayai pembangunan sarana ibadah ini. Karena menurut kami tempat ibadah adalah yang utama sebagai fasum di lembaga pendidikan yang harus ada,” pungkas Solehan.

Sementara di tempat yang sama, Kepsek SMAN 2 Kota Metro, Enie Augus Junaety menuturkan, pelaksanaan pembentukan pengurus komite baru tersebut, bisa terlaksana dengan baik dan lancar sesuai harapan.

Dikatakannya, bahwa pelaksanaan kegiatan seyogya dilakukan di Tahun 2021 lalu. Namun karena terkendala pandemi Covid-19, sehingga masa jabatan pengurus komite diperpanjang hingga juni 2022.

“Mereka saya perpanjang dengan kebijakan dan berakhir pada bulan juni. Dan selanjutnya ini persiapan kami untuk bisa menggelar rapat pleno, alhamdulillah bisa berjalan dengan baik dan lancar.
saya mengharapkan bahwa ini benar-benar dilaksanakan secara musyawarah demokrasi oleh wali murid,” tandas Enie Augus Junaety. (Ril)