oleh

Desa Bumi Harjo Menerima dan Merealisasikan Program Kota Tanpa Kumuh

Sekilasindonesia.id ||LAMPUNG TIMUR – Program Kota Tanpa Kumuh merupakan program dari pusat, yang Digelontarkan melalui Kementrian PUPR dan di realisasikan di beberapa Kota / Kabupaten di seluruh penjuru Nusantara.

Seperti halnya di Desa Bumi Harjo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur salah satu Desa yang menerima Program Kota Tanpa Kumuh di Kabupaten setempat, Sabtu (6/8/2022).

Menurut keterangan Ali Kasim selaku ketua LKD (Lembaga Keswadayaan Desa) Bumi Harjo, saat di temui di lapangan pada Media Sekilasindinesia.id menyampaikan.

“Untuk mengawali sebelum pekerjaan Drainese ini, kami bersama masyarakat dengan hasil dari urun rembuk bersama  warga khususnya dusun 3 pada Tanggal 25 Juli 2022 sepakat untuk penggalian tanah sepanjang 2160 Meter sepakat untuk swadaya,” ucap Ali Kasim.

Menurut Ali Kasim, Didasari dari prosedurnya program ini dalam penggalian tanah harus di Swadayakan, dan untuk penggalian tanah ini memeng disadari tidak harus menggunakan tenaga ahli, seperti tukang dan sebagainya, serta seluruh pekerja dalam pengerjaan di lengkapi dengan APD (Alat Pelindung Diri) di antaranya : Helm, Sepatu Bot, Sarung Tangan dan Rompi dan lengkapi dengan Kotak P3K ( Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan).

Kembali di jelaskan Ali Kasim,” Dalam pengerjaan pelaksanaan pemasangan batu belah pada tukang pasangnya kami bayarkan HOKnya dengan jumlah Rp : 110.000 dan untuk pekerjanya / kuli dalam perharinya Rp : 90.000, dan untuk tukang atau kulinya semuanya ini adalah warga Masyarakat Desa Bumi Harjo,” jelas Ali Kasim.

Untuk di ketahui, Pekerjaan saluran air Drainase yang saat ini di kerjakan di Dusun 2 Rt 07 dengan panjang 1120 dan Dusun 3 Rt 13 dan 14 dengan panjang 1040 Meter, dan panjang keseluruhan 2160 Meter dengan Total fagu anggaran berjumlah Rp : 750.000.000. 5% untuk BOP, 20 % untuk HOK.

Penulis : Ril