Daerah

BPPW Babel Dukung Pemerintah Daerah untuk Membangun Infrastruktur Bidang Air Limbah Melalui IPLT

×

BPPW Babel Dukung Pemerintah Daerah untuk Membangun Infrastruktur Bidang Air Limbah Melalui IPLT

Sebarkan artikel ini

Sekilasindonesia.id BANGKA SELATAN – Direktorat Jenderal Cipta Karya PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) kepulauan Bangka Belitung, mendapatkan amat dalam mendukung Pemerintah Daerah, Kabupaten, Maupun Kota, untuk membangun Infrastruktur bidang Air dan Limbah yaitu melalui pembangunan Instalasi Pengolahan Limbah Tinja (IPLT).

Kegiatan itu sebagai bentuk pemenuhan atas Peraturan Menteri PUPR No 4 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik yang merupakan turunan dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1974 tentang Pengairan dan Peraturan Pemerintah Nomor 122 Tahun 2015 tentang Sistem Penyediaan Air Minum.

Click Here

Pembangunan ini juga merupakan salah satu usulan kegiatan yang diajukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota kepada Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah, dengan terlebih dahulu menyiapkan dokumen readiness criteria yang lengkap seperti, Ketersediaan lahan yang telah mempunyai sertifikat.

Kemudian Dalam pembangunan IPLT, BPPW Kep. Bangka Belitung melaksanakan pekerjaan inti/mayor dalam proses pengolahan lumpur tinja, seperti bak SSC, Kolam aneraob, kolam maturasi, kolam fakultatif, dan kolam wetland serta bangunan pendukung dalam kegiatan pengolahan lumpur tinja.

Selain itu, Pemerintah daerah pun tak luput dalam sinergi pembangunan dengan berkomitmen menyiapkan pembangunan instalasi pendukung disesuaikan dengan rencana program yang telah disusun oleh Pemda untuk penganggaran baik secara langsung maupun bertahap. Sebagai informasi, semua pembangunan IPLT di Kepulauan Bangka Belitung telah menjadi aset pemerintah daerah, dengan harapan dapat dikelola dengan baik untuk pelayanan masyarakat di bidang air limbah.

Di samping itu juga tugas pokok BPPW Kep. Bangka Belitung tidak hanya sebatas selesainya konstruksi pembangunan, tetapi dilanjutkan dengan melakukan pendampingan dan pembinaan pasca konstruksi. Mulai dari melatih para SDM yang akan terlibat secara langsung dalam operasional seperti operator dalam mengelola instalasi sesuai SOP.

Agar kedepannya program pelayanan air limbah dan pengelolaan lumpur tinja di semua kabupaten di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tetap berjalan dengan baik, serta peran dan kebijakan pimpinan daerah dalam mendukung anggaran operasional untuk pelayanan ini haruslah menjadi prioritas.

Lalu para pengelola IPLT kabupaten di provinsi ini saling berkomunikasi untuk sharing pengalaman, belajar bersama, dengan saling mengunjungi antar UPT Air Limbah. Serta Memberi arahan kepada pengelola yang baru bergerak, untuk menyusun program, dan memberi solusi penyelesaian masalah yang sering muncul di lapangan berdasarkan pengalaman para pengelola yang sudah terlebih dahulu beroperasi.

Terakhir BPPW Babel berharap program dibidang air limbah ini dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk masyarakat dan pemerintah kabupaten atupun kota.

Penulis:Riki.s

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d