oleh

Tambahan Penghasilan Guru Dialokasikan Anggaran Diperubahan, Hasan: Hak Para Guru Pastinya Dibayarkan, Hanya Kita Butuh Bersabar

MUNA BARAT, SEKILASINDONESIA.ID –Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muna Barat telah menyalurkan sebagiann tambahan Penghasilan (Tamsil) kepada guru di Muna Barat.

Kabid Guru dan Tenaga Pendidikan, Hasan menyampaikan bahwa dasar hukum penyaluran Tambahan Penghasilan Guru (TAMSIL), dalam Pasal 11 Permendikbud Nomor 4 Tahun 2022 dinyatakan bahwa Tambahan Penghasilan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 10 ayat (1) diberikan dalam bentuk uang yang disalurkan melalui rekening bank penerima tunjangan.
Dan untuk nominal Tambahan Penghasilan (TAMSIL) diberikan sebesar Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) setiap bulannya/guru
Tambahan Penghasilan ( TAMSIL) untuk Guru Non Sertifikasi Kabupaten Muna Barat.

“Triwulan 1 dan 2 tahun 2022 sampai saat ini baru sebagian yang disalurkan, ini disebakan alokasi anggaran DAK non fisik tahun 2022 mengalami kekurangan anggaran dimana kebutuhan bayar sebesar Rp. 786.000.000,- dengan jumlah 262 Jiwa, Rincian TK : 6 Orang, SD : 134 Orang dan SMP : 122 orang.sedangkan Alokasi Dana Transver sesuai Rincian DAK non fisik tahun anggaran 2022 sebesar Rp. 441.000.000. artinya kita kekurangan anggaran sebesar Rp. 345.000.000,- untuk 115 Jiwa,” ujar Hasan, Selasa (02/08/2022).

Dikatakannya mendasari informasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia tentang informasi tunjangan guru tahun 2022 bahwa jika daerah berdasarkan alokasi DAK non fisik tahun 2022 tidak mencukupi untuk membayar TAMSIL dalam 1 tahun, maka daerah diharapkan segera mengajukan dana cadangan.

“Olehnya itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muna Barat melalui Pemerintah Daerah Kabupaten Muna Barat mengajukan surat ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Cq. Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan di Jakarta untuk permohonan tambahan Dana Tambahan Penghasilan Guru ( TAMSIL) surat pengajuan Tambahan Penghasilan Guru ( TAMSIL) nomor: 910/282.a/2022 di tandatangani oleh Bupati Muna Barat tertanggal 07 Maret 2022. Olehnya itu kami berharap kepada guru guru agar lebih bersabar, sebab kami Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melalui Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan sudah melakukan langkah langkah sesuai regulasi, kami tegaskan lagi bahwa hasil koonfirmasi kami dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia melaui staf dirjen GTK bahwa alokasi anggaran akan dibahas diperubahan. Jelasnya bahwa apa yang menjadi hak guru pastinya dibayar, hanya kita butuh bersabar,” tuturnya.

Penulis: LM Sacriel