oleh

PWI Takalar Gelar Pelatihan Jurnalistik Tahap 2 Bagi Aparata Desa 

Sekilasindonesia.id ||TAKALAR – Pada Pelatihan jurnalistik bagi aparat desa Kabupaten Takalar. Hari ini kita kembali berkumpul untuk suatu kegiatan yang sangat baik dan insya Allah bermanfaat bagi kita semua, bagi orang banyak, khususnya dalam pembangunan di Kabupaten Takalar.

Kegiatan yang sama telah kami laksanakan sekitar dua pekan lalu, di hotel empres jalan Botolempangan di Makassar, dan diikuti aparat desa dan kader desa dari Kecamatan Galesong Selalatan dan Kecamatan Galesong Kota.

Hari ini 29-31juli 2022 di hotel Almadera jln Somba Opu diikuti peserta dari Kecamatan Manggarabomba, Kecamatan Pololmbangkeng Utara, Kecamatan Sanrobone, Kecamatan Tanakeke.

Aparat desa atau perangkat desa adalah pegawai pemerintah dalam bidang pelayanan masyarakat yang memiliki tugas dan kewajiban terhadap pelayanan kepada masyarakat dimana mereka bekerja serta mendukung Kepala Desa di dalam melakukan tugasnya.

Perangkat Desa berkedudukan di bawah Kepala Desa dan bertanggung jawab kepada Kepala Desa, mempunyai tugas membantu Tugas dan Fungsi Kepala Desa.
Salah satu tugas aparat desa dalam mendukung kepala desa dalam melaksanakan tugasnya, yaitu memberikan informasi kepada masyarakat luas, terutama di wilayah kerja masing-masing, tentang berbagai program kerja, berbagai kegiatan, serta berbagai informasi desa.

Kader Desa juga memikul tugas yang sama, yaitu memberikan informasi kepada masyarakat luas. Kader adalah “Orang Kunci “ yang mengorganisir dan memimpin rakyat desa bergerak menuju pencapaian cita-cita bersama.

Kader Desa terlibat aktif dalam proses belajar sosial yang dilaksanakan oleh seluruh lapisan masyarakat desa.
Tugas memberikan informasi ini sebenarnya gampang, karena semua orang selalu berbagi informasi, baik secara langsung maupun secara tidak langsung, antara lain melalui media sosial dan media massa.
Tetapi informasi yang dibagikan tentu harus diramu dengan bahasa yang baik, dengan kalimat yang runut dan terstruktur, dan enak dibaca atau enak didengar, sehingga masyarakat luas mudah menerima, mudah mengerti, dan juga merasa senang.

Dan untuk itulah, para aparat desa dan kader desa perlu mengikuti Pelatihan Jurnalistik, agar mahir menulis berita untuk dipublikasikan melalui media massa dan media sosial.

Berita-berita yang dibuat oleh aparat desa nantinya dapat dikirim dalam bentuk rilis berita kepada teman-teman wartawan atau redaksi media massa untuk selanjutnya dimuat di media massa, sehingga mudah terpantau untuk pemerintah kecamatan dan pemerintah kabupaten, serta diketahui masyarakat luas.

Materi yang diberikan kepada peserta pada pelatihan ini meliputi, Sinergitas Polri dan Pemerintah Desa dalam Mewujudkan Kamtibmas oleh Kompol Abd Halim mewakili Kapolres Takalar, Peran Pengawasan dalam Mewujudkan Kemandirian Desa oleh H. Muh Ansar mewakili Inspektur Inspektorat Takalar, Transparansi Pembangunan Desa dalam Perspektif Hukum oleh Ari Sabri Salahudin mewakili Kepala Kejaksaaan Negeri Takalar.
Juga materi Peran Media dalam Mengawal Pembangunan Daerah Ismail Asnawi mewakili Ketua PWI Sulsel, dan Teknik Penulisan Berita oleh wartawan senior, Asnawin Aminuddin.

“Saya sebagai Ketua PWI Kabupaten Takalar menyampaikan terima kasih kepada Bupati Takalar, Wakil Bupati, Sekda, dan OPD yang memberikan respons positif dan dukungan atas terlaksananya kegiatan ini,” ucapnya.

Lanjutnya,” Saya juga menyampaikan terima kasih kepada Camat dan Kepala Desa yang memberi dukungan sehingga kegiatan ini diikuti banyak peserta, khususnya dari aparat desa yang akan menjadi ujung tombak dalam peliputan dan publikasi berbagai kegiatan dan aktivitas desa.
Juga terima kasih kepada teman-teman pengurus PWI Kabupaten Takalar terkhusus panitia pelaksana yang bekerja dengan sepenuh hati untuk mempersiapkan pelaksanaan kegiatan ini, sehingga hari ini kita dapat berkumpul bersama,” pungkasnya.

Suherman Tangngaji/Hasdar Sikki (Ketua PWI Takalar )