oleh

Program Kelas Metaverse di SMAN 1 Malingping untuk Peserta Didik Baru, Ini Penjelasannya

SEKILASINDONESIA.ID, LEBAK – Pasca Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) berbasis online (jalur zonasi, afirmasi, prestasi dan perpindahan orang tua), Sekolah Menengah Atas Negeri 1 (SMAN 1) Malingping juga membuka kelas Metaverse tahun ajaran 2022 – 2023.

Disampaikan Mursidi, S.Pd., Kepala SMAN 1 Malingping, kelas Metaverse ini merupakan program Pj. Gubernur Banten, Al Muktabar, mengingat angka lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang belum melanjutkan masih rendah, dibawah rata rata nasional.

“Makanya, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten, Pak Pj. Gubernur ingin menggenjot itu, supaya anak usia SMA (yang melanjutkan dari SMP) cepet meningkat drastis, untuk itu dibukalah kelas Metaverse,” kata Mursidi, saat dikonfirmasi, Selasa, (05/07/2022).

Di Provinsi Banten, kata Mursidi, ada 12 sekolah yang ditunjuk untuk melaksanakan program kelas Metaverse, salahsatunya adalah SMAN 1 Malingping. Atas dasar itu, pihaknya gencar melakukan sosialisasi terkait pembukaan kelas Metaverse di SMAN 1 Malingping.

“Tadi pagi, ditengah-tengah rapat persiapan PHBN di pendopo Kecamatan Malingping, kami juga men-sosialisasikan kelas Metaverse, kemudian siang ini juga kami mengundang berbagai pihak, terutama peserta didik yang daftar ke SMAN 1 Malingping yang tidak lulus untuk mengikuti sosialisasi sosialisasi tersebut,” terangnya.

Terkait kelas Metaverse di SMAN 1 Malingping, Mursidi, menjelaskan, bahwa kelas Metaverse ini seperti SMA Terbuka. Artinya, manakala peserta didik tidak mendapatkan kesempatan belajar reguler atau tatap muka, mereka masih bisa mengenyam pendidikan di SMAN 1 Malingping melalui kelas Metaverse, dimana siswa akan belajar secara online baik secara sinkronus maupun asinkronus.

“Peserta didik yang mengikuti kelas Metaverse, mendapatkan kesempatan belajar secara online atau dalam jaringan. Jadi, ini juga membuka peluang bagi peserta didik yang tidak memiliki kesempatan untuk ke sekolah, atau peserta didik yang sudah mendaftar pada PPDB namun tidak diterima dan tetap ingin bersekolah di SMAN 1 Malingping,” jelasnya.

Dikatakan Kepala SMAN 1 Malingping, kelas Metaverse memungkinkan siswa dan guru dapat saling terhubung di manapun, dijembatani dengan media untuk belajar jarak jauh, baik media cetak maupun non cetak, serta berbasis internet.

“Pada dasarnya, semua ini dilakukan sebagai upaya pemerintah untuk terus meningkatkan angka kelulusan jenjang SMA, sehingga program belajar 12 tahun bisa terwujudkan. Dan SMAN 1 Malingping akan berupaya untuk terus mendukung dan menjalankan program pemerintah,” tutup Mursidi.

Berikut persyaratan Kelas Metaverse di SMAN 1 Malingping :
1. Formulir pendaftaran;
2. Surat Kelulusan;
3. Photocopy Kartu Keluarga;
4. Photocopy Akta Kelahiran, batas usia            maksimal 21 tahun pada tanggal 1 Juli          2022;

5. Photocopy KTP orang tua;
6. Pas foto berwarna ukuran 3 x 4.

Waktu Pelaksanaan :
Pendaftaran : tanggal 6 s.d 13 Juli 2022.
Daftar Ulang : tanggal 14 s.d 15 Juli 2022.

(Usep).