DaerahKesehatan

Prioritaskan dan Tingkatkan Peningkatan Pelayanan Masyarakat, Dinkes Mubar Bakal Bangun Dua Puskesmas dan Bentuk Satu Puskesmas Rawat Inap

×

Prioritaskan dan Tingkatkan Peningkatan Pelayanan Masyarakat, Dinkes Mubar Bakal Bangun Dua Puskesmas dan Bentuk Satu Puskesmas Rawat Inap

Sebarkan artikel ini

MUNA BARAT, SEKILASINDONESIA.ID – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif di wilayah kerjanya. Puskesmas diatur kembali dengan Peraturan Menteri Kesehatan yang baru yaitu Permenkes 43 tahun 2019 tentang Puskesmas.

Permenkes 43 tahun 2019 tentang Puskesmas menyebutkan bahwa Puskesmas adalah Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Faskes). Fasilitas Pelayanan Kesehatan adalah suatu tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan, baik promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif yang dilakukan oleh pemerintah, pemerintah daerah dan/atau masyarakat. Puskesmas mempunyai tugas melaksanakan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya.

Click Here

Puskesmas adalah UKM tingkat pertama. UKM dalam Permenkes 43 tahun 2019 tentang Puskesmas dijelaskan bahwa Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) adalah setiap kegiatan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan serta mencegah dan menanggulangi timbulnya masalah kesehatan dengan sasaran keluarga, kelompok, dan masyarakat. Sedangkan Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP) adalah suatu kegiatan dan/atau serangkaian kegiatan pelayanan kesehatan yang ditujukan untuk peningkatan, pencegahan, penyembuhan penyakit, pengurangan penderitaan akibat penyakit dan memulihkan kesehatan perseorangan.

Dinas Kesehatan Kabupaten Muna Barat terus memaksimalkan dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat, diantaranya adalah memaksimalkan peran Puskesmas dalam memberikan pelayanan.

Bukan hanya dalam hal fasilitas, upaya Dinas Kesehatan berupaya meningkatkan pelayanan SDM terutama kepada masyarakat dengan Senyum, Sapa dan Ramah (SSR).

“Kita maksimalkan bukan hanya sarana prasarana tetapi layanan kepada masyarakat pun dengan mengedepankan keramahan, sapa mereka dan berikan senyuman,” ujar LM Ishar Masiala, Jum’at (10/06/2022).

Dikatakannya, hal tersebut bagian langkah untuk mengedepankan aspek layanan paripurna kepada masyarakat, karena menurutnya aspek nurani yang harus dikedepankan salam memberikan layanan kesehatan pada masyarakat.

Terlebih hampir semua puskesmas di Muna Barat sudah memiliki fasilitas ramah anak dan lansia. Dengan begitu, fasilitas tersebut harus ditunjang juga dengan kepribadian yang positif dari SDM-nya.

“Ingin memberikan kenyamanan pada masyarakat yang berobat, selain fasilitas yang ramah, SDM pun harus ramah juga,” ucapnya.

Foto: Kadinkes Mubar, LM Ishar Masiala. Foto/Sacriel

Selain itu, Ishar menjamin pelayanan kesehatan kepada masyarakat di puskesmas dan puskesmas pembantu atau pustu bakal dilakukan secara maksimal.

Ini sebagai bentuk komitmen Dinkes dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan untuk menuju Muna Barat Sehat.

“Pelayanan akan diberikan secara maksimal kepada masyarakat Mubar. Di tingkat desa ada pustu dan di tingkat kecamatan ada puskesmas induk,” tuturnya.

Sejalan dengan hal itu, Dinkes juga akan berupaya meningkatkan kuantitas fasilitas kesehatan sebagai penunjang pelayanan yang diberikan petugas.

“Alhamdulillah setiap tahun ada penambahan petugas medis di tempat kita. Ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di desa dan kecamatan,” tambahnya.

Pelayanan kesehatan akan dilakukan 1 x 24 jam oleh petugas puskesmas. “Pada pagi hari melayani rawat jalan, sedangkan sore dan malam pelayanan rawat inap,” ucapnya.

Perlu diketahui kata Ishar, pelayanan Kesehatan di Puskesmas memang harus lebih ditingkatkan dengan ketersediaan sarana dan prasarana. Menurutnya, dengan memadainya sarana Kesehatan di Puskesmas, maka pelayanan kesehatan kepada masyarakat juga akan lebih baik.

“kalau dilihat sarananya, memang perlu untuk lebih ditingkatkan sesuai dengan standar,” ucapnya.

Untuk peningkatan sarana pelayanan Kesehatan itu kata Ishar, pihaknya telah mengusulkan penambahan beberapa sarana, seperti peningkatan pembangunan pelayanan di puskesmas, membangun puskesmas baru dan adanya tambahan puskesmas rawat inap.

Foto: Puskesmas Guali. Foto/Sacriel

“kita sudah rencanakan dan sudah usulkan untuk penambahan dua puskesmas baru yakni Puskesmas Madampi dan Sidomakmur. Dua puskesmas ini sudah diusulkan pembentukan dan pendiriannya, Insya Allah tahun 2024 sudah dibangun. Selanjutnya kita bakal menambah satu status puskesmas menjadi puskesmas rawat inap diwilayah Kusambi Raya, rancananya itu ada dua yang kami bakal tinjau dan nilai yang layak yakni Puskesmas Guali dan Sidamangura. Kemudian tahun ini telah melakukan peningkatan pembangunan pelayanan kesehatan di tiga puskesmas yakni Puskesmas Lawa, Tiworo Tengah dan Tiworo Selatan,” ungkapnya.

Selain itu Ishar berharap agar pelayanan Kesehatan semakin ditingkatkan,

“tentunya harapan kita pelayanan semakin ditingkatkan. Dengan tersedianya pelayanan yang sesai dengan standar, yang betul betul sesuai dengan standar akreditasi”,ungkapnya.

Untuk diketahui bersama, Dinkes Mubar sebelumnya telah membangun satu Puskesmas di wilayah Kepulauan yakni Puskesmas Bero. Hal ini sebagai bentuk konsistensi dan keseriusan Pemda melalui Dinkes Mubar dalam memprioritaskan dan memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat Muna Barat.

Penulis: LM Sacriel

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d