Daerah

Babel Berangkatkan Jemaahnya Melalui Embarkasi Antara

×

Babel Berangkatkan Jemaahnya Melalui Embarkasi Antara

Sebarkan artikel ini

PANGKALPINANG || Sekilasindonesia.id – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) berusaha agar pemberangkatan calon jemaah haji asal Babel Tahun 1443 H/2022 M, lebih baik dari sebelumnya. Sehingga, berbagai langkah telah dilakukan termasuk menggelar rapat koordinasi dengan pihak-pihak terkait yang diselenggarakan di Ruang Kerja Penjabat (Pj) Gubernur, Jumat (27/05/22).

Kemudian, perlu dilakukan persiapan khusus mengingat status Embarkasi Babel menjadi Embarkasi Antara dan Debarkasi Antara untuk pertama kalinya diterapkan di Bangka Belitung.

Click Here

Pj Gubernur Babel, Ridwan Djamaluddin dalam rapat meminta para perangkat daerah terkait agar pemberangkatan haji tahun ini dipersiapkan sebaik mungkin, sehingga perjalanan calon haji dan pemulangan jemaah haji di Bangka Belitung dapat berjalan lancar sesuai harapan.

Embarkasi Antara sendiri adalah tempat pemberangkatan jemaah haji menuju embarkasi, yang dalam hal ini merupakan kali pertama dilaksanakan di Babel.

“Hal yang terpenting adalah, bagaimana kita membuat persiapan-persiapan agar keberangkatan jemaah haji sesuai prosedur kita sebagai embarkasi antara,” ujar Pj Gubernur.

Oleh sebab itu, Ridwan Djamaluddin mendukung upaya petugas haji untuk melakukan simulasi dengan tujuan agar para calon haji asal Babel memahami teknis pemberangkatan haji maupun pemulangan haji.

Sementara Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Babel, Tumiran Ganefo, pada awak media menuturkan teknis pemberangkan jemaah haji Babel tahun 1443 H/2022.

“Untuk pemberangkatan haji Babel berbeda dari sebelumnya, karena kita ini ditandai dengan menjadi Embarkasi Antara dan Debarkasi Antara. Dengan demikian, seluruh administrasinya diselesaikan di gedung asrama haji kita sendiri,” urai Kakanwil Kemenag Babel.

Dengan ditetapkan Embarkasi Antara dan Debarkasi Antara di Babel, maka calon jemaah haji tidak lagi menginap di Embarkasi Palembang, tetapi dari Pangkalpinang menuju Bandara Sultan Muhmud Barudin II dan langsung bertolak ke Mekkah Arab Saudi.

“Jemaah kita berangkat dari sini, dan diterima pesawat di Palembang, kemudian langsung berangkat ke Jeddah, tidak menginap lagi di palembang, karena kita Debarkasi Antara tadi,” ujarnya

Tumiran Ganefo juga menjelaskan, bahwa penerapan haji Embarkasi Antara untuk pertama kali diterapkan, sehingga harus dilakukan koordinasi dengan baik kepada semua pihak, dengan harapan pemberangkatan haji Babel berjalan lancar.

Sedangkan total calon jemaah haji Babel berjumlah 484 orang, terdiri dari 111 orang asal Pangkalpinang, 107 orang asal Kabupaten Belitung, 3 orang asal Kabupaten Belitung Timur, 36 orang asal Kabupaten Bangka Barat,115 orang asal Kabupaten Bangka, 46 orang asal Kabupaten Bangka Tengah, dan 66 orang jemaah asal Kabupaten Bangka Selatan.

Sedangkan petugas TPHI dan TPHD sebanyak 6 orang, sehingga total keseluruhannya sebanyak 490 orang.

Penulis : Hasan.

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d