Daerah

VSGA Lahirkan Kemampuan Digital, Bupati Jeneponto:Manfaatkan Ini dengan Baik

×

VSGA Lahirkan Kemampuan Digital, Bupati Jeneponto:Manfaatkan Ini dengan Baik

Sebarkan artikel ini

JENEPONTO || Sekilasindonesia.id – Vocational School Graduate Academy (VSGA) Resmi kegiatannya di buka oleh Bupati Jeneponto Iksan Iskandar.

Melalui kegiatan pembukaan VSGA di ruang pola Panrannuanta, Kantor Bupati Jeneponto, Rabu (18/5/2022). Itu untuk melakukan pelatihan beragam profesi dengan melibatkan, para pelaku Wira usaha, angkatan kerja muda dan juga ASN Lingkup Pemerintah Kabupaten Jeneponto.

Click Here

Ketua tim Fasilitator Program DTS Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo Makassar Ahmad Radil,
Menjelaskan bahwa Program Vocational School Graduate Academy (VSGA) adalah program pelatihan intensif berbasis kompetensi nasional yang ditujukan bagi lulusan Pendidikan Vokasi (SMK, D3, D4) bidang TIK, Elektro, Telekomunikasi, Desain Komunikasi Visual, Animasi, Multimedia yang belum bekerja.

“Sejak januari sampai mei sebanyak 2.095 peserta telah mengikuti berbagai jenis pelatihan digital,” jelasnya.

Masih kata dia, Ia menjelaskan melalui program Vocational School Graduate Academy (VSGA) bagi lulusan SMK akan dibagi menjadi tiga tahap yakni tanggal pada 18 – 20 mei 2022, 21 – 23 mei 2022 dan selanjutnya dilakukan proses sertifikasi pada tanggal 24 – 25 mei 2022.

“Akhir kegiatan kami akan melakukan ujian sertifikasi bagi peserta dan yang dinyatakan lulus akan mendapat dua sertifikat sekaligus,”katanya.

Ditempat yang sama Bupati H. Iksan Iskandar, memberikan apresiasi kepada kementrian kominfo dan tim fasilitator atas dedikasi dan kesungguhan dalam pelaksanaan pelatihan di Kabupaten Jeneponto.

“Alhamdulillah pelatihan yang dilakukan oleh kementerian kominfo dan tim fasilitator akan menjadi modal besar bagi anak-anak kita dimasa yang akan datang,” ungkapnya dalam sambutanya.

Iksan pun menjelaskan, bahwa Alumni SMK merupakan salah satu angkatan kerja muda yang harus dibina dan dikembangkan kompetensinya.

Tak hanya sampai disini Bupati Jeneponto dua periode itu terus memberikan prospek pengembangannya yang patut untuk diperhatikan guna meningkatkan daya saing, keterampilan dan kualitas digitalnya sehingga dimasa depan mampu berkontribusi dalam percaturan global.

“Manfaatkan pelatihan ini dengan baik, karena tentunya anak-anakku sekalian akan mendapatkan sertifikasi VSGA setelah lulus ujian kompetensi.” ucapnya

Sehingga dengan adanya sertifikasi ini selain menerima sertifikat juga memiliki kemampuan digital yang mumpuni sehingga mampu bersaing dalam percaturan global.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekda H. Muh. Arifin Nur, Kepala BKPSDM H. M. Basir Bohari, Plt. Kepala dinas Kominfo Mustaufiq dan tim fasilitator Digital Talent Scholarship (DTS).

Penulis: Firmansyah

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d