oleh

Publik Berikan Apresiasi Kepada Ditlantas PMJ, Yang Berikan Pelayanan Terbaik dalam Mengawal Arus Mudik

CIPUTAT TANGSEL || Sekilasindonesia.id – Euforia masyarakat yang dua tahun terakhir dilarang mudik untuk kembali ke kampung halaman sangat tinggi. Maka kerja Kepolisian sangat extra dalam mengawal jalannya arus mudik lebaran tahun ini. Rabu, (18/ 5/ ) pers Rilis.

Dalam memperingati momen hari raya lebaran, tidak bisa di pungkiri terdapat jutaan kendaraan bergerak pada waktu yang hampir bersamaan yang menyebabkan terjadinya kemacetan di ruas-ruas jalan utama, terutama pada puncak arus mudik pada 29-30 April 2022. Hal serupa juga terjadi pada arus balik yang puncaknya pada 8-9 Mei 2022. Setiap hari jelang puncak mudik ribuan kendaraan pribadi dan trasportasi umum bergerak dari Jakarta menuju Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Selain itu, arus mudik juga terjadi dari Jakarta ke Pulau Sumatera melalui pelabuhan Merak-Bakauheni, hingga berbagai kota di Indonesia.

Kordinator LAKSI Azmi Hidzaqi mengatakan kepada jaringan media online, bahwa kami sebagai elemen masyarakat turut mengucapkan terima kasih terhadap Ditlantas PMJ dan jajaran yang telah memberikan pelayanan terbaik kepada kami sebagai masyarakat dalam mengawal arus mudik dan arus balik lebaran. Apresiasi yang tinggi bukan hanya karena kinerja yang baik. “Namun semangat, keikhlasan, dan kesabaran yang sangat luar biasa dari anggota Ditlantas PMJ di lapangan”.

Kami juga sangat menyadari bahwa memang masih terjadi kemacetan di beberapa ruas jalan tol dalam rangkaian mudik Lebaran 2022. Namun, jajaran Ditlantas PMJ yang di komandoi oleh Kombes Pol Sambodo Yudo Purnomo dapat segera menangani dengan berbagai solusi sehingga kemacetan dapat segera terurai. selain itu masyarakat yang melakukan aktifitas mudik sangat puas dengan kesigapan dan berbagai strategi pengawalan serta keseriusan dari jajaran kepolisian dalam mengurai arus lalu lintas di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Kami tidak sedang memberikan pujian kosong tanpa bukti objektif di lapangan, justru kami menilai sesuai dengan fakta yang ada bahwa jajaran Ditlantas PMJ telah berhasil dalam menjalankan tugasnya untuk mengurai arus mudik, sehingga urusan kepadatan arus mudik dapat segera di selesaikan dengan baik. Kami salut dengan berbagai upaya rekayasa lalu lintas dalam mengatasi kemacetan pada arus mudik dan balik lebaran tahun 2022, dengan menggunakan berbagai macam skema rekayasa lalu lintas dan kebijakannya seperti Ganjil genap, lawan arus (contraflow) dan satu arah (one way) sehingga dapat mengurai kemacetan dengan cepat dan juga menciptakan kondisi aman dan nyaman kepada para pemudik yang menjalankan mudik lebaran 2022.

Kami menyadari bahwa banyak kesulitan dalam penanganan mudik Lebaran 2022 karena tingginya antusiasme warga. Meski demikian, penanganan mudik oleh Ditlantas PMJ dianggap sudah yang terbaik. polisi telah bekerja siang dan malam tanpa lelah hanya untuk menjalankan tugas negara dalam mengawal arus mudik, Oleh karena itu patut di acungi jempol, bahwa jajaran Ditlantas PMJ yang rela bekerja tanpa pamrih dan sangat luar biasa ketika kebanyakan warga masyarakat berlebaran di kampung namun anggota polisi tidak bisa ikut berlebaran di kampung halaman karena tugas yang mereka jalankan.

Sebagai informasi bahwa Polda Metro Jaya juga menyiapkan langkah Pengamanan arus Mudik Lebaran 2022 dengan mengerahkan 9.000 personel gabungan. Selain itu juga Ditlantas PMJ membangun pos pengamanan dan pos pelayanan. Jumlahnya tersebar di seluruh wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Langkah Ditlantas PMJ dalam mengatur arus mudik dan arus balik mudik lebaran 2022 berjalan sangat baik, ini semua berkat sinergi dengan sejumlah pihak dan juga kementrian, Ditlantas PMJ telah berhasil dalam membangun komunikasi dan kordinasi yang baik dengan berbagai pihak, sehingga pengawalan arus mudik lebaran dapat berjalan sesuai dengan rencana dan dapat memberikan kesan yang memuaskan publik.

 

*Azmi Hidzaqi*
*Lembaga Advokasi Kajian Strategis Indonesia*
*(LAKSI)*