oleh

63 SDN dan Swasta se-Kota Metro Gelar US Serentak, Ketua K3S : Lancar Sesuai POS US

KOTA METRO || Sekilasindonesia.id –Sebanyak 2.738 murid dari 63 Sekolah Dasar (SD) negeri maupun swasta, hari ini mengikuti pelaksanaan Ujian Sekolah (US) yang dilaksanakan secara serentak di Bumi Sai Wawai.

Hal tersebut disampaikan Kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro Suwandi, S. IP., M.M. disela-sela acara rakor bulanan Pemkot Metro, selasa, (10/05/2022).

Dirinya mengatakan, selama lima hari kedepan atau dimulai hari ini tanggal 10-14 Mei 2022. Murid SD negeri maupun swasta, akan mengikuti pelaksanaan Ujian Sekolah (US) yang dilaksanakan di 47 Sekolah Dasar Negeri yang dan 16 Sekolah Dasar Swasta di Kota Metro.

“Sedangkan untuk mata pelajaran yang masuk kedalam Ujian Sekolah antara lain, bahasa indonesia, agama, MTK, PKn, IPA, IPS, PJOK, SBK, bahasa lampung dan bahasa inggris,” ungkap Kadis Swandi.

Selain itu, ia juga menjelaskan, bahwa untuk anak kelas 1 sampai dengan kelas 5. Tetap belajar secara daring, pada saat anak kelas 6 melaksanakan Ujian Sekolah.

“Jadi anak kelas 1-5 tidak libur sekolah selama anak kelas 6 melaksanakan Ujian Sekolah. Namun tetap belajar secara daring dari rumah,” ujar kadis.

Sementara dalam kesempatan yang sama Yasirrudin, S.Pd.l selaku Ketua K3S (Kelompok Kerja Kepala Sekolah) Kota Metro dalam keterangannya pada awak Media Sekilasindonesia.id Menyapaikan bahwa,” Terkait dengan teknis Pelaksanaan ujian sekolah (US) semua telah di atur di dalam Prosedur Operasional Standar Ujian Sekolah (POS US) yang dalam pelaksanaannya mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi nomor 7 tahun 2022 tentang Standar Isi,” ucap Yasirrudin, S.Pd.I

Lebih lanjut, Yasirrudin, S.Pd.l Menjelaskan,” Dan pelaksanaan Ujian sekolah diawasi oleh guru pengawas ruang yg dilakukan secara silang antar Satuan Pendidikan.
Adapun hasil dari Ujian Sekolah sudah selesai dikoreksi dan terlihat hasilnya di tanggal 27 Mei 2022 dan pengumuman kelulusan akan diumumkan bersama pada tanggal 15 Juni 2022,” jelas Ketua K3S Kota Metro.

Pada kesempatan tersebut Ketua K3S Kota Metro juga menyampaikan pesan dan harapanya semoga pelaksanaan Ujian Sekolah di tahun ajaran 2021/2022 ini akan berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan harapan kita bersama. Aamiin. (Ril)