oleh

Pembobol ATM di Jalan AH Nasution Berhasil Digagalkan Satpam Kejari Metro

KOTA METRO, Sekilasindonesia.id – Spesialis pembobolan mesin Ajungan Tunai Mandiri (ATM) yang kerap terjadi di Kota Metro berhasil digagalkan oleh Satpam Kejaksaan Negeri (Kejari) Metro.

Data yang dihimpun Media ini, aksi pembobolan mesin ATM tersebut berlangsung di pinggir Jalan AH Nasution yang bersebelahan dengan Kantor BPJS Kesehatan Cabang Metro.

Pelaku ini beraksi tidak sendiri, melainkan bersama kedua rekannya yang menunggu dan melihat situasi didalam mobil jenis sedan.

Salah seorang satpam jaga Kejari Metro, Muhammad Sakin mengatakan, kejadian kejadian tersebut berlangsung pukul 07.30 WIB saat dia dan dua rekannya berjaga.

“Mereka ini menggunakan mobil bertiga, yang dua di dalam mobil dan satu orang nya masuk ke ATM. Yang masuk ke mesin ATM itu membawa obeng, begitu terpergok oleh rekan saya dia (pelaku) langsung panik sehingga obeng yang dipakai jatuh,” kata dia saat ditemui di kantor satpam Kejari Metro, Sabtu, 30 April 2022.

Setelah terpergok, lanjutnya, pelaku ini keluar dari mesin ATM dan dilakukan pengejaran hingga kurang lebih 200 meter lalu pihaknya dibantu oleh beberapa warga sekitar menyergap pelaku.

“Pelaku itu jalan sambil teleponan, dan sekali kali nengok ke belakang. Mungkin menunggu jemputan rekannya, namun keduluan kami tangkap,” lanjutnya.

Dia menjelaskan, berdasarkan keterangan office boy (OB) bank BRI pelaku ini sudah sering tertangkap kamera CCTV atas aksi pembobolan mesin ATM di beberapa lokasi di Metro.

“Dia sering melakukan itu, disini saja sudah dua kali, di tempat lain seperti RS Umum, RS Muhammadiyah, dan PB 21. Pelaku juga pernah beraksi di wilayah kampus. Setiap beraksi pelaku ini tidak menggunakan masker sehingga wajahnya tampak jelas dikenali,” ujarnya.

Ditempat terpisah, Kasatreskrim Polres Metro, AKP Firmansyah membenarkan adanya penangkapan terhadap pelaku aksi pembobolan mesin ATM tersebut.

Saat ini pihaknya telah mengamankan pelaku di Mapolres Metro dan tengah melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Sudah di Polres Metro, sedang kami lakukan pemeriksaan dan pengejaran terhadap dua rekan lainnya. Info nya mereka ini beraksi bertiga dan langsung pulang ke Tanggamus,” kata dia.

Data yang dihimpun media sinarlampung.co. Pelaku bernama Herman, warga Pekon Way Nipah, Kecamatan Pematang Sawa, Kabupeten Tanggamus. (Rls/Ril)