oleh

SMK 1 Pinrang Gelar Pondok Ramadhan 

PINRANG, Sekilasindonesia.id – Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) Negeri 1 Pinrang melaksanakan kegiatan dalam bulan Ramadhan,kegiatan Pondok Ramadhan untuk meraih kebersihan Ramadhan dan ampunan oleh ALLAH SWT dengan mengangkat tema ( Sinergi Energi Resonansi Ramadhan ( SERR ),bertempat di Musallah sekolah SMK 1 Pinrang berlangsung selama 4 hari Rabu – Sabtu, ( 13-16 / 4 / 2022).

Diikuti sekitar 400 org siswa kelas X dan Xl terutama bagi mereka yang belum pernah mengikuti kegiatan pondok Ramadhan, pasalnya kegiatan ini menjadi syarat untuk bisa mengikuti Praktek Kerja Lapang ( PKL ).

Kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi,hal tersebut untuk menghindari kerumunan dan menerapkan protokol kesehatan, sesuai anjuran pemerintah.

Adriwati salah satu pengasuh dari kegiatan Pondok Ramadhan ini,yang juga sebagai tenaga pengajar disekolah ini menuturkan,kegiatan ini mengajarkan beberapa hal kepada para siswa,yang tentunya mengarah kepada ibadah,berupa pengajaran mengaji,shalat dan bagaimana menangani mayat,mulai dari cara memandikan,mengkafani,menshalati hingga bagaimana menguburkannya dan yang terakhir kita akan mengajarkan etika kepada para siswa.

Adriwati menambahkan,hari pertama kami mengajarkan kepada siswa belajar membaca Al Qur’an dan menhatamkan dengan cara,membagi para siswa menjadi 27 kelompok,masing masing kelompok diberi tugas membaca satu jus,hal ini kami lakukan untuk bisa melihat mana siswa yang belum lancar membaca dan mana yang sudah lancar dalam membaca Al Qur’an.

Sementara itu Kepala UPT SMK 3 Pinrang Lasidang menuturkan,kegiatan seperti ini rutin kami lakukan,banyak kegiatan yang bernuasa Religius yang kami laksanakan di sekolah ini,dan kegiatannya rutin kami laksanakan.

Husus program pondok Ramadhan,kegiatan ini serentak dilakukan di semua sekolah baik tingkat SMP,SMA dan SMK.

Kami berharap para siswa dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik,sehingga nantinya mereka dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari hari mereka, pungkasnya.(AA)

News Feed