oleh

Ratusan Siswa UPT SMPN 1 Rumbia Jeneponto Ikuti Khatama Alquran Secara Bersamaan

JENEPONTO, Sekilasindonesia.id – Dibulan Suci Ramadhan, Sekolah Menengah Pertama UPT SMPN 1 Rumbia Kabupaten Jeneponto, Sulsel, mengelar khataman Al-qur’an.

Pembaca penamatan Al-qur’an itu di laksanakan di Gasebo pojok sekolah, Kamis (14/4/2022) sejak pagi hingga selesai.

Ratusan siswa siswi antusias mengikuti khataman Alquran dengan bimbingan guru secara berkelompok.

Kepala Sekolah UPT SMPN 1 Rumbia Jeneponto, H. Badulu mengatakan, sebelumnya para siswa ini dibagi 30 kelompok yang disesuaikan dengan Al-Quran yang juga terdiri dari 30 Juz.

“Alhamdulillah, ratusan siswa siswi UPT SMPN 1 Rumbia Khatam Alqur’an 30 Juz dalam waktu 1 Jam secara bersamaan,” ucap Kepsek lewat pesan rilis whatsappnya kepada awak media sekilasindonesia.id.

Dimana, kata dia, satu kelompok itu terdiri dari 10 siswa, masing masing mendapatkan bacaan satu Juz, sehingga tiap siswa dapat satu halaman bacaan Alquran dibaca secara bersamaan ke 300 siswa.

“Dimulai dari bacaan pertama, mulai dari lembaran pertama sampai lembaran ter akhir dibaca oleh siswa secara bersaman meskipun dengan halaman dan juz yg berbeda beda,” ucapnya.

Masih kata dia, dalam pembacaan ayat suci Alquran itu mendapat bimbingan dari gurunya dan stap setiap kelompok setiap pembacaan satu Juz.

Kepala Sekolah H. Badulu, itu menjelaskan kegiatan ini dilakukan untuk membiasakan anak siswa untuk literasi Al-Quran dengan memupuk kecintaan generasi qurani.

Kegiatan membaca alquran di sekolah ini untuk peningkatan pendidikan karakter dan keperibadian beriman dan bertakwa kepada Allah SWT dimulai tingkat dasar sampai tingkat menengah.

“Dengan khataman alquran ini dapat mengambil hikmah dan tidak hanya sekedar bacaan tetapi lebih dihayati dan diamalkan, sehingga kita menyadari arti pentingnya alquran dengan melatihnya membaca dalam waktu bersamaan,” ungkapnya.

Penulis: Firmansyah

News Feed