oleh

Sanggar Pattallassang; Pelopor Komunitas Bedug di Kabupaten Takalar

TAKALAR, Sekilasindonesia.id – Ada penampakan yang menarik di Alun-alun Makkatang Daeng Sibali beberapa hari ini dibulan suci Ramadhan. Syair, sajak, musik, dan tabuhan bedug dan rebana mengkristal menjadi satu di sesi latihan Sanggar Pattallassang. Tampak beberapa warga menikmati latihan itu sambil ngebuburit jelang buka puasa.

Latihan ini tepat dilakukan di Rumah Baca Digital Kabupaten Takalar yang terletak sebelah Utara Lapangan Makkatang Daeng Sibali, diprakarsai oleh Sanggar Seni Pattallassang dalam rangka mengisi kegiatan positif di bulan suci Ramadahan sekaligus menjadi persiapan mengikuti Festival Beduq Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Sebagai wakil Kabupaten Takalar, Sanggar Seni Pattallassang akan melakukan Roadshow pentas disejumlah tempat di Sulawesi Selatan, di antaranya, Phinisi Point (Makassar) pada tanggap 16 april 2022, di Bulukumba pada tanggal 27 April 2022, Nipah Mall (Makassar) pada tanggal 24 April 2022, di Malino Kabupaten Gowa pada tanggal 30 April 2022, dan terakhir di Benteng Somba Opu pada tanggal 30 April 2022.

Suhaemi Suherman, S.Sn selaku Pendiri Sanggar Seni Pattalassang menuturkan bahwa kegiatan Roadshow Festival Beduq tahun ini yang kebetulan Sanggar kami yang menjadi wakil dari Kabupaten Takalar merupakan rasa syukur kami untuk dapat berkontribusi mengisi bulan suci Ramadhan dengan hal-hal yang positif dan edukatif. Selain itu, kegiatan festival Beduq ini dapat menjadi syiar agama sekaligus ajang mengajak masyarakat Takalar dan Sulawesi Selatan untuk kuat dan bersabar menghadapi masa-masa akhir Pandemi, tentu saja melalui kesenian dan kebudayaan, tutupnya.

Di tempat terpisah, Barnadi Zakaria selaku Ketua Dewan Kesenian dan Kebudayaan Kabupaten Takalar (DK3T) mengapresiasi kegiatan yang dipelopori oleh Sanggar Pattallassang melalui sesi latihan yang berlangsung di Lapangan Makkatang Daeng Sibali untuk persiapan Festival Beduq di beberapa daerah di Sulawesi Selatan. “menurut saya, Sanggar Seni Pattallassang yang di dirikan oleh Pak Tata layak disebut sebagai sanggar Pelopor Beduq Takalar karena kiprahnya sudah ditingkat Provinsi maupun Nasional. Seyogianya, Pemerintah Daerah turut pula memberikan apresiasi dan memberikan supportnya kepada Sanggar ini, ujarnya.

Pemerintah Daerah Kabupaten Takalar, Melalui Sekda Takalar Mengatakan, ” Saya Mengaprisasi Komunitas Bedug Sebab Pemuda Dan Pemudi Takalar Kreatif mengisi waktu Dengan Hal hal Yang baik di Bulan Suci Ramdahan dan Bisa Mengarumkan Nama kabupaten takalar di luar sana,”utup Muhammad Hasbi. (Herman Tabnggi)