oleh

Polda Banten Ikuti Raker Teknis Rencana Angkutan dan Pelayanan Lebaran Tahun 2022

CILEGON– Polda Banten ikuti Rapat Kerja (Raker) Teknis Angkutan dan Pelayanan Lebaran Tahun 2022 yang dilaksanakan di Dermaga Eksekutif Pelabuhan ASDP Merak pada Kamis (07/04).

Rakernis ini dipimpin langsung oleh Dirjen Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan Irjen Pol Drs. Budi Setiyadi kemudian dihadiri oleh Dirpolairud Polda Banten Kombes Pol Gieuseppe Reinhard, Kabidhumas Polda Banten Kombes Pol Shinto Silitonga, Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono, Dirlantas Polda Lampung Kombes Pol Raden Romdhon Natakusuma, Kapolres Lampung Selatan AKBP Edwin,  Polri, TNI, BMKG, BPBD, PT. ASDP dan unsur Pemda.

Pada saat membuka rapat kerja, Dirjen Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan Irjen Pol Drs. Budi Setiyadi mengatakan tujuan rakernis ini untuk minimalisir potensi kecelakaan dan meningkatkan kenyamanan perjalanan bagi masyarakat yang akan melaksanakan mudik Lebaran.

“Untuk pelayanan Lebaran tahun ini tidak lagi digunakan istilah pos sekat, namun orientasinya pada pos pelayanan kepada publik dimana pos itu akan digunakan oleh TNI, Polri dan Dishub untuk membantu kelancaran masyarakat yang akan melakukan perjalanan,” ucap Budi Setiyadi.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Komersial ASDP Indonesia Ferry (Persero) Yusuf Hadi mengatakan ASDP telah menyiapkan 69 kapal feri dan 6 dermaga yang akan digunakan untuk penyeberangan arus mudik dari Merak menuju Bakauheni.

“Kami memperkirakan puncak arus mudik terjadi pada 29-30 April dan untuk puncak arus balik 7-8 mei serta untuk mengantisipasi, ASDP telah menyiapkan 234 kapal feri dan 66 dermaga dengan proyeksi kenaikan 13% atau sebanyak 279.057 kendaraan dengan 1.338.863 penumpang serta 50.989 unit motor dengan sistem pembelian ticket menggunakan ferizy online ticketing yang dapat di beli 60 hari sebelum keberangkatan,” ucap Yusuf Hadi.

Yusuf Hadi menjelaskan bahwa ASDP telah melakukan perbaikan fasilitas yang ada di Pelabuhan Merak. “Pasca perbaikan di dermaga 1 dan 5, terjadi peningkatan kapasitas kapal yang dapat  sandar dimana ASDP juga telah menyiapkan langkah-langkah kontijensi keadaan darurat seperti sistem e-ticketing, kerusakan kapal dan dermaga,” ujar Yusuf Hadi.

“ASDP juga akan melakukan sosialisasi masif tentang aturan penyebarangan dan reservasi tiket online serta himbauan lainnya,” tambah Yusuf Hadi.

Dalam kesempatan tersebut Dirpolair Polda Banten Kombes Pol Giuseppe Reinhard Gultom mengatakan bahwa untuk keselamatan angkutan laut Polda Banten telah menyiapkan sistem pengamanan.

“Untuk keamanan angkutan penyebrangan Polda Banten menyiapkan 18 unit kapal patroli dengan menugaskan minimal 30 personel yang dilengkapi dengan peralatan SAR dimana kapal tersebut akan disebar di pelabuhan Merak dan Bojonegara serta daerah wisata pantai,” ucap Dirpolair.

Dirpolair juga meminta agar instansi terkait dapat memberikan data untuk mengantisipasi keadaan cuaca. “Polda Banten meminta agar BMKG dan PPGA dapat memberikan data guna mengantisipasi terhadap kontijensi erupsi anak gunung krakatau serta dapat mengetahui keadaan cuaca,” ujar Dirpolair.

Dirpolair mengatakan Polda Banten akan melakukan Operasi Ketupat Maung 2022. “Polda Banten akan melaksanakan Operasi Ketupat Maung  2022 Untuk mengantisipasi kejahatan terhadap penumpang seperti copet, sandera, hipnotis, penyelundupan narkoba serta  terorisme yang akan menggangu kelancaran arus mudik serta dalam kegiatan tersebut akan menyediakan pos pelayanan vaksinasi Booster bagi pemudik,” tutur Dirpolair Polda Banten.

Ditempat yang sama Wadir Lantas Polda Banten AKBP Alfaris Pattiwael menambahkan bahwa Ditlantas Polda Banten telah menyiapkan rakayasa lalulintas. “Jika terjadi penumpukan kendaraan dipintu masuk Pelabuhan Merak maka Ditlantas akan melakukan rekayasa terbatas dengan melakukan pelambatan kendaraan yang masuk yaitu mengeluarkan kendaraan dari pintu tol serang timur dan mengarahkan ke jalur arteri,” ucap Alfaris Pattiwael.

Alfaris pattiwael mengatakan akan melakukan antisipasi kecelakaan lalu lintas. “Untuk mengantisipasi kecelakaan akibat kelelahan Ditlantas akan menyiapkan kantong parkir bagi pengemudi baik direst area maupun di jalur arteri yang bisa digunakan sebagai tempat beristirahat sehingga dapat mengurangi kecelakaan serta jika terjadi kecelakaan Ditlantas akan menyiapkan tim penyelamat, armada derek, Ambulans dan tim TAA, untuk penanganan lakalantas,” ucap Alfaris Pattiwael

Sementara itu Emon Sukarya Kepala Departemen Manajemen Operasi dan Pemeliharaan Astra Toll Road menjelaskan terkait perbaikan di jalan tol Tangerang – Merak KM 57. “Untuk jalur tol arah Jakarta sudah dibuka sedangkan untuk perjalanan menuju menuju merak akan dibuka esok hari kemudian akan dilakukan pengecatan marka jalan,” ucap Emon Sukarsa.

Emon juga menghimbau kepada pemudik dapat memanfaatkan Rest Area yang tersedia untuk tempat beristirahat bilamana ngantuk atau lelah harapannya agar tidak terjadi kecelakaan di jalan tol.

(Bagindo Yakub)

News Feed