oleh

Serahkan Bantuan ke Korban Kebakaran, Bupati Jeneponto Juga Perintahkan OPD Ikut Membantu

JENEPONTO, Sekilasindonesia.id – Pasca kebakaran yang menghaguskan sedikitnya 10 unit rumah panggung yang terjadi di lingkungan Ujungloe Timur Kelurahan Biringkassi Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto Sulsel.

Kejadian itu terjadi sekitar pukul 13.30 Wita Pada Hari Rabu tanggal 06 April 2022 Kemarin. Hanguskan 8 unit rumah panggung rata dengan tanah.

Atas peristiwa kebakaran itu, Pemerintah Kabupaten Jeneponto bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) turut prihatin dan memberikan bantuan.

Setiba di lokasi, Bupati Jeneponto Iksan Iskandar didampingi Ketua TP PKK Hj, Hamsiah Iksan bersama Wakil Ketua Hj, Salmawati, Dandim 1425/ Letkol Inf Gustiawan, Plt Sekda H. Muh Basir Bohari dan Beberapa OPD.

Disana, Iksan Iskandar berdialog dengan para korban kebakaran menceritakan awal kejadian terbakarnya rumah mereka sekaligus menyerahkan bantuan secara simbolis.

“Atas kejadian ini kita serahkan kepada yang maha Kuasa Allah SWT, semoga ada yang lebih baik, ‘Sabbaraki, teaki pillanggeri’ Joka Tau Biasaya Appa’loanna’, (Sabarki, Jangan ada dengarkan orang yang mau provokator),” ucap Bupati Jeneponto, kepada para korban dengan bahasa makassar, Kamis (7/4/2022).

Ia pun sampaikan, bahwa atas kejadian ini Ia mengetahui informasi melalui media sosial, karna berada di Jakarta.

“Ini saya tau kejadian melalui media sosial (Poto), Jadi tadi malam saya baru tiba dari Jakarta, paginya kita kumpulan untuk berikan bantuan kepada para korban,”katanya.

Tak henti henti Iksan memberikan semangat kepada para korban, bahkan ia memerintahkan semua OPD untuk ikut membantu para korban.

“Dinas Sosial data berikan bantuan yang menjadi persoalan mereka, ini juga Dinas BPBD pantau disini ketersediaan airnya (Air Minum) sediakan Tandong (Tempat Air minum), dan semua OPD, itulah gunanya sebagai pemerintah peduli terhadap masyarakat,” Jelasnya.

Tak ketinggalan, Bupati Jeneponto dua periode itu, pun memerintah Kepala Dinas
Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) Jeneponto untuk secepatnya menyediakan bahan untuk membangun kembali rumah mereka.

“Mana Kepala Dinas Perumahan, perhatikan ini bagaimana supaya dapat bantuan perumahan, kamu siapkan bahannya nanti anggota personil kodim yang kerja,” Ungkapnya.

Diketahui, dihimpun atas kejadian kebakaran ini diduga akibat ledakan kompor dan tabung gas. Adapun dampak dari kejadian tersebut korban jiwa Nihil, kerugian material 8 unit rumah panggung rata dengan tanah, 2 unit rumah sebagian terbakar dan 3 unit sepeda motor, adapun total kerugian ditaksir sekitar
Rp 800.000.000, – (delapan ratus juta rupiah).

Penulis: Firmansyah