Nasional

PLN Berperan Penting Sebagai Tumpuan Utama Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

×

PLN Berperan Penting Sebagai Tumpuan Utama Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Sebarkan artikel ini

JAKARTA, Sekilasindonesia.id – PLN merupakan jantungnya Indonesia, maka peran PLN terhadap perkembangan dan pertumbuhan bangsa Indonesia menjadi sangat penting. Dalam lawatannya ke PLN untuk menyapa Serikat Pekerja dan Milenial PLN, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan salah satu peran penting PLN adalah sebagai tumpuan utama pertumbuhan ekonomi, (07/04/2022).

Di tengah perubahan zaman, kemajuan teknologi dan juga misi mencapai _Carbon Neutral_ pada 2060, PLN perlu mengadaptasi perubahan dengan cepat. Salah satunya melalui transformasi PLN menjadi _World Class Company_.

Click Here

“PLN merupakan jantungnya Indonesia. Pertumbuhan ekonomi Indonesia hari ini sangat bergantung pada listrik. Untuk itu PLN harus terus melakukan inovasi dan PLN harus terus didukung eksistensinya,” ujar Erick di Auditorium PLN, Kamis (7/4).

Sejalan dengan peran pentingnya sebagai _backbone_ pertumbuhan ekonomi, PLN juga harus menjadi _World Class Company_, menurut Erick, PLN perlu bergerak cepat. PLN perlu menjadi perusahaan yang lebih lincah dan trengginas. Erick menilai upaya ini tak lepas dari keterlibatan generasi milenial PLN dan juga Serikat Pekerja PLN.

“Generasi milenial dan Serikat Pekerja merupakan kekuatan PLN untuk melangkah jauh ke depan. Saat ini semua ada dalam satu _platform_, satu keluarga dalam satu garis perjuangan,” ujar Erick.

Erick menambahkan untuk mendukung PLN lebih lincah ke depan perlu adanya persamaan visi misi antara Pemerintah, Direksi PLN, manajemen dan juga insan PLN. Kekompakan ini menurut Erick menjadi poin kunci untuk membawa PLN lebih baik ke depannya.

“Apalagi saat ini era disrupsi sehingga butuh kekompakan dan semua pihak harus solid dalam menghadapi perubahan ini,” ujar Erick.

Pada kesempatan yang sama, Erick pun mengapresiasi semangat Serikat Pekerja PLN yang selalu berada di garda depan pada setiap momen-momen penting perusahaan.

“Saya sering mendapat laporan, SP PLN selalu hadir dengan caranya sendiri. Selalu punya semangat untuk memajukan PLN. Jadi saya berharap serikat pekerja ini dijadikan sebagai kekuatan yang semakin terintegrasi, satu padu,” ungkap dia.

Ketua Serikat Pekerja PLN Ali Abrar menjelaskan dukungan dari Menteri BUMN merupakan bukti nyata dari pemerintah dalam mendorong PLN menjadi perusahaan yang lincah dan terdepan dalam melayani masyarakat.

“Melalui transformasi, PLN berkomitmen untuk semakin memberikan kontribusi nyata bagi bangsa dan masyarakat. Dukungan dari pemerintah merupakan penyemangat bagi seluruh insan PLN,” ujar Ali Abrar.

Perwakilan Milenial PLN, Santika Aristi menilai dalam menjawab tantangan zaman saat ini seperti kemajuan teknologi perlu keterlibatan aktif peran generasi muda yang mudah beradaptasi. Ia juga menilai PLN memberikan ruang yang luas bagi insan muda mengembangkan potensinya.

“Sehingga generasi muda bisa berkontribusi lebih bagi masyarakat dan membawa PLN lebih baik lagi kedepan,” ujar Risti. (*)

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d