oleh

Kreatif, Hanya 20 Menit Proses Shiborita Sudah Siap Dipakai

TAKALAR, Sekilasindonesia.id – Batik Shiborita singkatan dari batik Shibori Takalar adalah kain yang diproduksi oleh pengrajin millenial dipopulerkan dan dikreasikan motifnya oleh dekranasda Kabupaten Takalar.

Bersama pengurus yang lain, Ketua Dekranasda Takalar Dr. Hj. Irma Andriani.,S
Pi.,M.Si berkreasi menghasilkan motif shiborita yang memiliki nilai ekonomi, Rabu (6/4/2022).

Tak perlu menunggu waktu lama, cukup hanya 20 menit kain polos yang awalnya tidak memiliki nilai jual berhasil disulap Dekranasda Takalar dengan berbagai motif shibori yang cantik.

Usai membatik shiborita, Ketua Dekranasda sekaligus ketua TP PKK, Dr. Hj. Irma Andriani, tidak henti-hentinya mengajak ibu-ibu dan kaum millenial Takalar untuk berlatih membuat shiborita sendiri dan memberi motivasi agar semangat berkreasi dan cinta produk sendiri tumbuh dalam diri ibu-ibu di Takalar.

“Dengan keterampilan ini, para istri bisa membantu suaminya menambah penghasilan keluarga. Shiborita ini menjadi ajang bagi kaum millenials untuk berkreasi. Cara pembuatannya yang sangat cepat dan mudah sehingga ibu-ibu rumah tangga bisa menjadikannya sebagai pengisi waktu senggang,, baju/jilbab polos yang bekas juga bisa disulap menjadi baju baru dengan shiborita dalam waktu 20 menit” jelas Hj. Irma.

Apalagi untuk millenials, Lanjut Ketua Dekranasda umumnya mereka kreatif-kreatif, insyaAllah bisa menghantar Indonesia menjadi satu dari 5 besar negara terkuat.

“Shiborita salah satu kontribusinya. Ayo cari dan belajar shibori di Takalar,” ujarnya dengan nada suara yg antusiastik.

Suherman Tangngaji

News Feed