Daerah

Dinsos dan PMD Takalar Rakoor P3MD dan Sosialisasi Transformasi DBM Eks PNPM Ke BUMDes bersama

×

Dinsos dan PMD Takalar Rakoor P3MD dan Sosialisasi Transformasi DBM Eks PNPM Ke BUMDes bersama

Sebarkan artikel ini

TAKALAR– Dinas Sosial dan PMD Takalar melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) tentang Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Takalar di Gelar di Baruga I Mannindori Kantor Bupati Kabupaten Takalar, Sabtu (26/3/2022).

Rakor ini di buka oleh Asisten 1, Andi Rijal Mustamin mewakili Bupati Takalar, H. Syamsari.

Click Here

Dalam arahannya menyampaikan bahwa salah satu tujuan dari rapat kordinasi ini adalah mensosialisasi PP.11 tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dalam Peraturan Pemerintah No.11 Tahun 2021 Bab.XVI ketentuan Lain lain, Pasal 73 ayat 1 menyebutkan bahwa pengelola kegiatan dana bergulir masyarakat eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri perdesaan WAJIB dibentuk menjadi BUMDesa Bersama, Proses transformasi ataupun pembentukannya paling lambat 2 tahun terhitung terbitnya PP ini .

Diketahui rapat koordinasi P3MD Kabupaten Takalar dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial dan PMD, Drs.H.Abd.Rahman,MM. selaku Kordinator Provinsi Program P3MD keduanya menjadi menjadi Narasumber pada acara rakor tersebut .Inspektorat Daerah ,Pendamping Desa, Pengelola UPK eks.PNPM dan beberapa kepala Desa hadir diacara rapat kordinasi yang setiap bulan di Laksanakan.

Sebagai penutup rakor juga dipertegas oleh Inspektorat Daerah yang sampaikan oleh Pak Ilham bahwa dalam rangka Transformasi DBM Eks.PNPM ke Bundesma maka akan di lakukan review sederhana terkait laporan keuangan dan Asset,begitu juga dengan Bapak Abd.Rahman (Korprov) menyampaikan bahwa dalam tranformasi DBM eks.PNPM ke Bundesma ada 4 hal yang akan dialihkan yaitu ,Kelembagaan, Asset, staf dan kegiatan Usaha.

Kabid PMD Dinas Sosial, Asrianti mengatakan pihaknya akan terus menerus melakukan evaluasi dan Pembinaan kepada pemdes dan Bumdes terkait transformasi DBM eks.PNPM ke Bundesma adalah Wajib dan tidak ada pilihan.
(Ismail Tato)

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d