Daerah

PLN Bersama Pemprov Babel Adakan  Pengecoran Fasilitas Jalan di SMAN 1

×

PLN Bersama Pemprov Babel Adakan  Pengecoran Fasilitas Jalan di SMAN 1

Sebarkan artikel ini

Sekilasindonesia.id, BANGKA – PT PLN (Persero) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung untuk memaksimalkan sisa pengolahan batu bara atau _fly ash bottom ash_ (FABA) dari pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) sebagai bahan baku pendukung pembangunan infrastruktur, (09 Maret 2022).

Asisten III Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Yunan Helmi menuturkan, kerja sama ini menjadi bukti bahwa PLN berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Bangka Belitung.

Click Here

“Kami berharap bahwa dengan penandatanganan MoU ini, pelaksanaan sinergi dapat terlaksana dengan baik salah satunya dengan pemanfaatan FABA ini, untuk mendukung pembangunan infrastruktur,” ujar Yunan.

Senior Manager Perencanaan PLN UIW Babel, Faisal Muslim menuturkan, potensi dan nilai manfaat FABA sangat besar untuk dimanfaatkan bagi kelompok masyarakat/UMKM serta sangat mendukung pembangunan infrastruktur dan ekonomi baik daerah maupun nasional.

Di Bangka Belitung, FABA telah masif digunakan sebagai material dasar _paving block_ dan batako oleh UMKM, pembangunan jembatan di akses masuk TPA sampah Gunung Sadai Kabupaten Belitung, pembuatan tetrapod breakwater dan beton tanggul laut ( _seawall_) di PLTU Suge Belitung untuk meminimalisir potensi abrasi garis pantai.

Begitu pula FABA dari PLTU Air Anyir juga dimanfaatkan peningkatan fasilitas serta renovasi infrastruktur di Bangka Belitung. Salah satunya dimanfaatkan untuk pengecoran fasilitas jalan di SMAN 1 Bakam seluas 580 m2. Dengan komposisi 70 persen FABA, 15 persen pasir dan 15 persen semen.

Penggunaan material FABA sebagai bahan dasar beton dapat menghemat sekitar 40 persen dibandingkan dengan beton konvensional dengan tetap mendapatkan mutu yang sama dengan mengutamakan prinsip 4M (Mudah, Murah, Mutu dan Masif).

“Pengecoran jalan dengan memanfaatkan FABA di SMAN 1 Bakan ini merupakan salah satu program CSR PLN di Bangka Belitung,” terangnya.(BD)

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d