oleh

Terobosan Baru – Camat Tikep Bakal Bangun Tugu Pahlawan, Pasar Kuliner dan Cagar Budaya

MUNA BARAT,  SULAWESI TENGGARA – Pemerintah Kecamatan Tiworo Kepulauan (Tikep) Kabupaten Muna Barat (Mubar) Provinsi Sulawesi Tenggara bakal melakukan pembangunan Cagar Budaya, Tugu Pahlawan dan Pasar Kuliner yang pembangunannya difokuskan di Benteng Tiworo dan Rest Area Sungai Tiworo.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Camat Tikep, Muslimin Makarata saat ditemui dikediamannya, Sabtu (29/01/2022).
“Insya Allah, kami bakal melakukan terobosan baru dalam meningkatkan perekonomian dan pelestarian budaya dengan membangun Cagar Budaya di Benteng Tiworo sekaligus melakukan pembangunan masjid Sangia Barakati selain itu juga kita akan membangun pasar kuliner serta pembangunan tugu pahlawan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Tugu Pahlawan yang dimaksud adalah tugu padi yang berada didepan Kantor PUPR Mubar yang akan dirubah menjadi tugu pahlawan, mengapa demikian? Muslimin menyampaikan bahwa ini berkaitan dengan sejarah, ketika dua tentara Noburi tewas saat mempertahankan Benteng Tiworo dari kelompok Gerombolan.

“Kita akan rubah tugu padi menjadi Tugu Pahlawan. Tugu Pahlawan kita bangun karena di Tiworo ini memiliki sejarah, dimana dua tentara Noburi tewas saat mempertahankan Benteng Tiworo dari gerombolan. Jadi identitas tugu pahlawan perlu kita bangun agar generasi tahu akan sejarah,” jelasnya.

Sambungnya, terkait pembangunan pasar kuliner, Muslimin menyampaikan pasar kuliner bakal dibangun disekitar rest area sungai tiworo. Untuk menarik warga dan pengunjung, antara rest area sungai Tiworo dan Benteng Tiworo akan dibangun jembatan gantung sebagai jalan penghubung. “Kita akan bangun pasar kuliner dan untuk memperindah kita akan bangun jembatan yang menghubungkan rest area sungai Tiworo dan Benteng Tiworo. Dan untuk menu yang akan dijual nanti dipasar kuliner itu adalah makanan tradisional,” tuturnya.

Selain itu juga Muslimun menyampaikan jika semuanya terlaksana dan selesai dibangun maka dirinya akan mengadakan pembangunan tiang listrik sekitar rest area sungai tiworo dan Bentenf Tiworo. “Jika semua sudah selesai dibangun yakni Cagar Budaya (pembangunan Mesjid Barakati), Pasar Kuliner dan Tugu Pahlawan. Maka kita adakan lampu disekelilingnya untuk memperindah saat malam tiba. Dan Insya Allah, Bupati Muna Barat akan meresmikan tiga program pembangunan ini,” tutupnya.

Untuk diketahui bersama, Pemerintah Kecamatan Tikep telah melakukan koordinasi dibeberapa Kantor seperti PUPR, Pariwisata, Disperindag dan Sekertariat Daerah guna untuk anggaran pembangunan Cagar Budaya(pembangunan Mesjid), Pasar Kuliner dan Tugu pahlawan.

Penulis : LMS