oleh

Rapat Evaluasi Capaian Program Vaksinasi Covid-19 Tingkat Kabupaten Takalar

TAKALAR – Dalam rangka evaluasi capaian program Vaksinasi Covid-19 di Kab. Takalar, menuju 70% Herd Immunity, Bupati Takalar H. Syamsari, S.Pt. MM memimpin Rapat Koordinasi pelaksanaan vaksinasi di Desa/Kelurahan dan Kecamatan serta sekolah-sekolah, Rabu 1 Desember 2021.

Rapat berlangsung di Gedung Islamic Center Kab. Takalar yang dihadiri para Anggota Forkopimda Takalar, para Kepala OPD Lingkup Kab. Takalar, para Camat, para Kepala Puskesmas, para Kepala Sekolah SMA/SMP sederajat serta para Kepala Desa/Lurah se-Kabupaten Takalar.

Bupati Takalar dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemerintah terus melakukan upaya dalam capaian program Vaksinasi Covid-19 menuju 70% herd immunity sesuai dengan Instruksi Presiden RI.

“Kepada para camat saya menghimbau agar melakukan evaluasi harian ditingkat kecamatan dan mendata jumlah warga yang sudah melaksanakan vaksin di setiap desa” tegas H. Syamsari.

Ditambahkan para kepala desa dan lurah bekerja sama dengan tim vaksinasi di puskesmas untuk melakukan metode atau cara agar masyarakat mau melakukan vaksinasi, bagi warga yang disekitar pesisir dapat dilakukan vaksinasi di sore hari ketika warga sudah pulang melaut.

“Mari kita bersama-sama mensukseskan program nasional dan program kabupaten untuk bisa meraih 70% herd immunity diakhir tahun 2021, dengan ikhtiar kita semoga kita dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita untuk menghindari virus covid-19 yang mewabah saat ini” tutup bupati takalar.

Sementara itu Kadis Kesehatan Kabupaten Takalar, Dr. Rahmawati, M. Kes., Sp. PA dalam laporannya menyampaikan bahwa capaian 70% herd immunity terus dikebut untuk mendapatkan kekebalan tubuh, mengingat adanya virus gelombang ketiga yaitu virus Omicron yang saat ini beredar di eropa yang jauh lebih berat dari virus varian pertama dan varian Delta. Karena virus Omicron beredar di udara dan tidak bisa dilawan hanya dengan kekebalan tubuh alami manusia. Tetapi harus dibantu dan dilawan dengan vaksinasi yang dilakukan saat ini.

“Capaian vaksinasi Kab. Takalar saat ini untuk siswa SMA, SMK sederajat yang sudah divaksin sebanyak 74,47%, untuk tingkat SMP sederat mencapai 52,2%. Dan untuk update vaksinasi kab. Takalar per tanggal 30 November 2021 kita sudah berada di 43,2%, kita masih harus mengejar 26,8% untuk mencapai 70% herd immunity. Kab. Takalar saat ini berada diurutan 12 dari 24 kabupaten/kota di prov. Sulsel”jelas dr. Rahma.

Pantauan Crew Media Sekilas Indonesia bahwa Bupati Takalar juga menanyakan kepada beberapa Camat, Kapus dan para Kepala Desa/Lurah tentang perkembangan dan hambatan Tim Vaksinator di wilayahnya masing masing.

(Suherman Tangngaji)