Daerah

Manfaat Dana Desa Sudah Dirasakan Warga di Desa Mulyo Rejo 1 Kecamatan Bunga Mayang

×

Manfaat Dana Desa Sudah Dirasakan Warga di Desa Mulyo Rejo 1 Kecamatan Bunga Mayang

Sebarkan artikel ini

LAMPUNG UTARA – Sejak mulai dikucurkan pada tahun 2015 lalu, manfaat dana desa (DD) yang digelontorkan pemerintah pusat melalui Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi telah dirasakan begitu besar manfaatnya. Terlebih lagi dana desa ini benar – benar dimanfaatkan serta dilaksanakan sesuai dengan fungsi dan tujuannya.

Seperti kita ketahui bersama, di saat ini, pemanfaatan dana desa tidak hanya terfokus pada pembangunan infrastruktur saja, pengembangan fasilitas kesehatan dan listrik juga sudah bisa dibangun menggunakan dana desa. Bahkan saat Pandemi Covid-19 ini sudah menjadi keharusan bagi setiap desa agar memberika bantuan langsung tunai ( BLT SD), sehingga dapat membantu desa untuk bangkit dan mandiri.

Click Here

Adanya dana desa yang digelontorkan ini tidak lain untuk mengatasi masalah-masalah yang dialami desa-desa di Indonesia, masih berkutat pada persoalan tingginya angka kemiskinan, pengangguran dan infrastruktur. Sebagaimana diketahui, dana desa salah satu fungsinya adalah untuk pemulihan ekonomi dan tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat secara optimal, sehingga mempercepat pertumbuhan ekonomi di desa tersebut.

Program pemerintah melalui dana desa dikucurkan dan diberikan kepada kabupaten/kota, khususnya desa-desa diseluruh Indonesia. Dimana salah satunya diterima oleh
Desa Mulyo Rejo 1 Kecamatan Bunga mayang Kabupaten Lampung Utara dan desa ini sendiri merupakan satu diantara ratusan desa penerima yang ada di Bumi Ruwai Jurai.

Dengan begitu, perlahan tapi pasti desa ini lambat laun akan mampu bangkit dan mandiri. Hal ini bisa terlihat, meski pencairan tahap 2 termin pertama penggelontoran dana tersebut, tetap geliat pembangunan meski harus terbagi dengan membagikan BLT DD kemajuan desa dan kemakmuran masyarakatnya.

Kepala Desa Mulyo Rejo 1 (surahyono) mengungkapkan bahwa kucuran dana Tahap 2 termin pertama yang diterima desanya telah mereka manfaat untuk membangun Lapen 869 m di + 306 yang berbeda di dusun 1 dan dusun 2 dan
BLT 100 KPM _ 9 bulan.

“Saat ini Desa Mulyo Rejo 1 sesuai instruksi pusat kami lebih banyak berkutat pada penangan Covid-19 dengan membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT DD) sebanyak 100 KPM selama 9 bulan,dan membangun Lapen sepanjang 869 meter + 306 Meter. Semuanya yang kami kerjakan saat ini sudah melalui musyawarah bersama di desa” Kata kades yang di dalam ruang kerjanya.

Di tempat terpisah Kepala Dusun 1 (Dedi Sunardi) mengungkapkan “Pada dasarnya masyarakat sangat berterimakasih atas pembangunan yang sudah dilaksanakan, sehingga dengan sendirinya mereka juga ikut partisipasi membantu pekerja atau tukang untuk memperlancar proses pengerjaannya tersebut,” Ungkapnya

Adanya pembangunan yang dilaksanakan, tambah Kadus, khususnya infrastruktur jalan dalam desa, sangat bermanfaat. Dimana yang tadinya jalan tersebut ketika musim hujan turun berlumpur kini alhamdulillah sudah sangat lancar.

“Terwujudnya semua pembangunan ini diharapkan, Desa Mulyo Rejo 1 dapat hidup lebih baik lagi. Dan saya ingin berterimakasih kepada semua yang terlibat karena telah membantu hingga terlaksana dengan baik dan lancar,” pungkas Dedi Sunardi. (Udin)

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d