oleh

Tingkatkan Kwalitas dan Kwantitas, SMKN I Kota Metro Sediakan Fasilitas Belajar Terlengkap

KOTA METRO – SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Negeri I Kota Metro, dan juga merupakan sederetan beberapa Sekolah menengah kejuruan yang memiliki sarana praktikum kejuruan terlengkap yang jadi unggulan dalam pengembangan proses belajar mengajar di sekolah. Jum’at (22/10/2021).

Dan sejumlah fasilitas praktikum tersebut ialah Edotel. Bangunan yang diperuntukkan bagi pelajar jurusan perhotelan itu memiliki dua lantai dan 4 kamar tidur berstandar hotel berbintang.

Menurut keterangan Kepala SMKN 1 Metro, Fahrisya, S.Pd mengatakan, bahwa fasilitas hotel tersebut merupakan bantuan dari pusat, sebagai bentuk penghargaan yang diterima untuk memajukan kwalitas dan kwantitas sekolah di bidang kejuruan.

“Fasilitas Edotel dibuat sedemikian rupa layaknya fasilitas hotel bintang, dan dikelola dengan baik meski masih dalam keterbatasan yang ada,” ucapnya.

Lanjut Fahrisya, S.Pd menjelaskan, Dua kamar berukuran 6×8 meter dan dua kamar lagi berukuran 8×8 meter. Fasilitas sarana prasarana Edotel itu selain untuk kegiatan praktik belajar mengajar jurusan perhotelan, juga disewakan untuk umum dengan biaya terjangkau, yakni kamar di lantai bawah sebesar Rp250 ribu per malam dan lantai II sebesar Rp350ribu per malam,” katanya.

Di ketahui fasilitas yang sudah ada dalam ruangan selain kamar tidur dengan double bad juga ada TV kabel dengan lebih dari 200 kanal, serta sejumlah fasilitas menjadi penunjang kenyamanan bagi setiap pengunjungnya. Edotel juga ditunjang dengan fasilitas lain, seperti meeting room, laundry, lobby room fresh (ruang santai).

Fahrisya, S.Pd Melanjutkan,” Kejuruan perhotelan dengan fasilitas hotel itu merupakan program unggulan, maka ke depan akan berupaya melengkapi sarana prasarananya termasuk untuk kejuruan lainnya. SMKN I Metro ini mempunyai lima jurusan, diantaranya Perhotelan, Jasa Boga, Pemasaran, Administrasi Perkantoran, dan Akuntansi. Beberapa jurusan bisa melakukan praktik di hotel mereka sendiri. Dalam hal ini bertujuan, menciptakan peserta didik mumpuni dan berprestasi di bidangnya sampai berwirausaha nantinya,” ungkapnya.

Dia juga mengungkapkan bahwa pihaknya mengutamakan lingkungan sehat dengan tiga program UKS (trias UKS), terlebih dengan torehan Adiwiyata 2013 lalu dengan kategri program pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat.

“Sekolah harus menjadi Health Promoting School, artinya sekolah yang dapat meningkatkan derajat kesehatan warga sekolahnya. Maka dari itu SMK N 1 Metro melakukan upaya promosi kesehatan melalui program kegiatan UKS, menanamkan nilai-nilai PHBS di sekolah demi terciptanya lingkungan sekolah yang sehat,” bebernya.

Mengahiri bincangannya Fahrisya, S.Pd juga menjabarkan Program Usaha Kesehatan merupakan tindak lanjut dari 7 Surat Keputusan Bersama Mendikbud, Menkes, Menag dan Mendagri Tanggal 3 September 1984 tentang Pokok Kebijaksanaan dan Pengembangan UKS Nomor : 408a/U/1984, Nomor : 319a/SKB/VI/1984, Nomor : 74 Tahun 1984 dan Nomor 61 Tahun 1984.

“Semua itu dilakukan untuk tujuan meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat, serta derajat kesehatan peserta didik dan menciptakan lingkungan yang sehat,” pungkas Fahrisya, S.Pd.

Penulis : Asril

News Feed